7 Negara Kaya Guyur Rp288,6 Triliun Buat Ukraina di Tengah Perang Melawan Rusia

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:02 WIB
loading...
7 Negara Kaya Guyur Rp288,6 Triliun Buat Ukraina di Tengah Perang Melawan Rusia
Menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari kelompok 7 negara demokrasi kaya mengaku, telah memobilisasi dana sebesar USD19,8 miliar atau setara Rp288,6 triliun untuk Ukraina. Foto/Dok
A A A
KOENIGSWINTER - Menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari kelompok 7 negara demokrasi kaya mengaku, telah memobilisasi dana sebesar USD19,8 miliar atau setara Rp288,6 triliun (Kurs Rp14.579 per USD) untuk Ukraina . G7 juga berjanji untuk memberikan lebih banyak dukungan keuangan jika diperlukan.



Para pemimpin keuangan dari Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Jerman, Prancis, Italia dan Inggris atau yang tergabung dalam G7 mengadakan pembicaraan di Jerman untuk membiayai Kyiv yang tengah berjuang menangkis invasi Rusia dan telah kehabisan uang tunai.

"Pada tahun 2022, kami telah memobilisasi 19,8 miliar dolar AS dukungan anggaran, termasuk 9,5 miliar dolar AS dari komitmen baru-baru ini untuk membantu Ukraina menutup kesenjangan pembiayaannya dan terus memastikan pengiriman layanan dasar kepada rakyat Ukraina," kata G7.

"Selain itu, kami menyambut baik pekerjaan yang sedang berlangsung di seluruh G7 dan lembaga keuangan internasional pada pembiayaan substansial lebih lanjut ke Ukraina, terutama termasuk proposal oleh Komisi Eropa untuk bantuan makro-keuangan tambahan hingga 9 miliar euro," kata pernyataan itu.



Ditambahkan juga bahwa dukungan selanjutnya yang direncanakan bakal diberikan kepada perusahaan milik negara Ukraina dan sektor swasta melalui Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan dan International Finance Corporation berjumlah USD3,4 miliar.

"Kami akan terus mendukung Ukraina selama perang ini dan seterusnya dan siap untuk berbuat lebih banyak sesuai kebutuhan," kata G7.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)