Harta Karun Hutan Indonesia Jadi Incaran Dunia, Ini Negara Penadah Kayu Gaharu

Kamis, 26 Mei 2022 - 21:19 WIB
loading...
Harta Karun Hutan Indonesia Jadi Incaran Dunia, Ini Negara Penadah Kayu Gaharu
Satu lagi harta karun hutan Indonesia yang menjadi incaran dunia, dan tumbuh subur di Indonesia. Kayu Gaharu memiliki nilai ekonomi tinggi, tidak heran jika kayu ini diminati banyak negara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Satu lagi ' harta karun ' hutan Indonesia yang menjadi incaran dunia, dan menjadi salah satu komoditas ekspor utama Indonesia. Kayu Gaharu memiliki nilai ekonomi tinggi, tidak heran jika kayu ini diminati banyak negara.

Kinerja ekspor nasional terus didorong dengan menggali potensi ekspor daerah, tak terkecuali untuk produk hasil hutan seperti Kayu Gaharu. Sebagai komoditi, sudah sejak ratusan tahun lalu Kayu Gaharu diperdagangkan ke berbagai negara.

Dengan tingginya minat dan keterbatasan sumber Kayu Gaharu membuat kayu ini menjadi komoditi yang mahal. Harta karun yang tumbuh subur di Indonesia ini dikenal karena memiliki wangi khas.

Baca Juga: Petani Gaharu di Bangka Tengah Terus Meningkat

Kayu Gaharu merupakan komoditi jenis kayu yang berasal dari spesies pohon dari genus aquilaria malaccensis. Ciri umumnya adalah warnanya yang hitam pekat dan kandungan resin di bagian gubalnya.

Kandungan resin tersebut yang terkenal sebagai bahan pelengkap wewangian karena aromanya yang khas dan dipercaya menjadi terapi anti stres yang ampuh.

Tinggi atau rendahnya harga Kayu Gaharu biasanya bergantung pada banyaknya kandungan resin pada kayu tersebut, semakin tinggi kandungan resin maka harga Kayu Gaharu ekspor ini semakin tinggi.

Terbatasnya persediaan juga merupakan efek dari proses pembuatannya yang sulit, selain itu Gaharu yang berkualitas juga berasal dari pohon yang terinfeksi jamur, jadi masa penantiannya tentu menjadi lama.

Selain diolah menjadi minyak parfum seperti yang dijelaskan di atas, Kayu Gaharu ini bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan keperluan bangunan atau pembuatan furnitur dan lain lain.

Kayu Gaharu ini selain menghasilkan minyak aromaterapi, juga bermanfaat bagi kesehatan bagi tubuh dan sering dijadikan sebagai bahan obat obatan. Pada beberapa negara, Kayu Gaharu juga dimanfaatkan sebagai tradisi ritual kebudayaan melalui dupa yang telah dibakar sehingga bisa menghasilkan aroma wewangian.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2453 seconds (11.252#12.26)