Harta Karun Hutan Indonesia Jadi Incaran Dunia, Ini Negara Penadah Kayu Gaharu

Kamis, 26 Mei 2022 - 21:19 WIB
loading...
A A A
Manfaat lainnya, siapa sangka bahwa Kayu Gaharu ini bisa di olah menjadi sebuah sabun. Diketahui harga tiap kilogram Gaharu bisa mencapai puluhan juta.

Kayu Gaharu asal Indonesia biasa diekspor ke negara Arab Saudi, Uni Emirate, Taiwan, Singapura, dan Hongkong. Untuk kontribusi ekspor terbesar adalah wilayah Timur Tengah sebesar 60% hingga 70%.

- Taiwan

Di negara ini, gaharu digunakan untuk keperluan pengobatan dan budaya. Harga jual gaharu di Taiwan bervariasi tergantung untuk keperluannya. Minyak gaharu yang sudah diproses dihargai sekitar USD7.000 hingga USD61.000 per liter.

- Jepang

Negara ini juga sering melakukan perdagangan gaharu. Dimana per tahunnya, rata-rata Jepang mengimpor sebanyak 34 ton gaharu.

- Timur Tengah

Negara-negara di Timur Tengah gemar dengan komiditi yang satu ini. Salah satu yang terbesar adalah Arab Saudi, dimana seiring dimanfaatkan untuk membuat parfum dari gaharu.

Sementara itu pada 2010, Indonesia merupakan negara pengekspor Gaharu terbesar di dunia mencapai 600 ton per tahun seiring tingginya produksi tanaman tersebut. Pada tahun 2010, penerimaan negara bukan pajak dari ekspor Gaharu mencapai Rp4,5 miliar.

Diterangkan pemerintah Indonesia sejak 1995 telah menetapkan kuota pemanenan dan perdagangan Gaharu untuk mendukung keberlanjutan produksi tanaman tersebut, sehingga tetap menjadi salah satu andalan penyumbang devisa negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)