alexametrics

Menteri Teten Pastikan Program Restrukturisasi Kredit UMKM Berjalan

loading...
Menteri Teten Pastikan Program Restrukturisasi Kredit UMKM Berjalan
Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM memastikan, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan restrukturisasi pembiayaan atau pinjaman bagi pelaku usaha, khususnya bagi UMKM yang terdampak Covid-19.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, program ini memungkinkan debitur mendapatkan keringanan berupa penundaan pembayaran bunga selama enam bulan sejak disetujuinya pengajuan restrukturisasi.

Dengan begitu, pelaku usaha bisa lebih fokus untuk meningkatkan bisnisnya tanpa harus terbebani oleh kewajiban cicilan yang biasa dibayarkan sebelum Covid-19. (Baca:6,06 Juta UMKM Bakal Dapat Subsidi Bunga dari Pemerintah)

"Pemerintah sudah membuat kebijakan relaksasi pembiayaan dan tambahan pembiayaan baru bagi UMKM dan koperasi untuk mengatasi masalah keuangan dan masalah cash flow, yang kami pahami memang sejak pandemi banyak pelaku usaha yang mengalami kesulitan pembiayaan untuk membayar cicilan dan bunganya, yang merupakan utang lama", jelas Teten di Jakarta, Selasa (23/6/2020).



Teten menambahkan, anggaran untuk membantu pelaku UMKM menghadapi Covid-19 lebih dari Rp123 triliun. Anggaran ini termasuk Rp35 triliun untuk subsidi bunga, Rp78 triliun untuk penempatan dana restrukturisasi, serta Rp1 triliun untuk pembiayaan investasi koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM.

"Besarnya alokasi anggaran untuk membantu UMKM dan juga koperasi ini diharapkan bisa membantu cash flow pelaku usaha, termasuk likuiditas koperasi yang mengalami persoalan, lantaran anggotanya tidak bisa memenuhi kewajiban akibat usahanya terdampak wabah Corona," katanya.



Selain program restrukturisasi tersebut, Teten juga menegaskan bahwa pihaknya sedang mengupayakan agar pelaku UMKM bisa mendapatkan bantuan sosial (bansos). "Saya berharap usulan tersebut dapat disetujui Kementerian Keuangan, sehingga nantinya akan semakin banyak lagi pelaku UMKM yang mendapatkan bansos", ujar MenkopUKM.

Khusus untuk program kredit usaha rakyat(KUR), pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp190 trilun. Dengan KUR ini pelaku UMKM bisa mendapatkan bunga yang sangat rendah, yaitu sebesar 6% dengan plafon pinjaman hingga Rp500 juta.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top