Rusia Dihantam Paket Sanksi Terbaru Uni Eropa, Intip Fakta-faktanya

Minggu, 05 Juni 2022 - 17:45 WIB
loading...
Rusia Dihantam Paket Sanksi Terbaru Uni Eropa, Intip Fakta-faktanya
Negara-negara Uni Eropa (UE) telah mencapai kesepakatan tentang paket sanksi keenam mereka terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina. Berikut beberapa elemen utama dan fakta-fakta dari sanksi itu. Foto/Dok
A A A
BRUSELLS - Negara-negara Uni Eropa (UE) telah mencapai kesepakatan tentang paket sanksi keenam mereka terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina. Termasuk di dalamnya larangan impor pada semua minyak mentah dan produk minyak bumi di laut Rusia dalam enam hingga delapan bulan.



Kepala Dewan Eropa, Charles Michel menyakini, kesepakatan itu dapat memotong sumber pembiayaan yang sangat besar untuk mesin perang Rusia. Ini adalah bagian dari paket sanksi Uni Eropa keenam yang disetujui pada pertemuan puncak di Brussels, yang disepakati oleh semua 27 negara anggota.

Berikut beberapa elemen utama dan fakta-fakta dari paket terbaru UE terhadap Rusia:

Embargo Minyak Mentah

UE akan berhenti membeli semua minyak mentah Rusia yang dikirim melalui laut atau setara dengan 2/3 dari semua impor minyak mentah Rusia oleh UE. Larangan impor minyak Rusia mulai berlaku awal Desember, dan akan melarang semua produk olahan minyak Rusia dua bulan kemudian.



Pengiriman minyak mentah Rusia melalui pipa Druzhba, yang berjalan melintasi Polandia, Jerman, Hongaria, Slovakia, dan Republik Ceko, akan dibebaskan dari embargo untuk waktu yang tidak terbatas.

Akan tetapi Polandia dan Jerman mengatakan, mereka akan berhenti menggunakan pipa tersebut pada akhir tahun 2022, sehingga pengurangan impor minyak Rusia ke UE menjadi 90% pada akhir 2022.

Pada tahun 2021, UE tercatat sudah mengimpor minyak mentah senilai 48 miliar euro (USD51 miliar) dan 23 miliar euro produk olahan dari Rusia.

Minyak mentah Rusia saat ini jauh lebih murah daripada Brent. Jadi demi keadilan, Hongaria, Slovakia, dan Republik Ceko yang akan terus membeli minyak mentah Rusia, tidak akan dapat menjualnya kembali, atau produk olahan yang mereka buat darinya ke negara UE lainnya.

Pengecualian Lainnya

Karena lokasi geografisnya, Bulgaria akan diizinkan untuk mengimpor minyak mentah Rusia dan produk olahan melalui laut hingga akhir 2024. Sementara Kroasia masih bisa membeli minyak Rusia hingga akhir 2023.

Asuransi

Untuk mempersulit Rusia mengerahkan kembali kapal tanker minyaknya ke pembeli lain di dunia, UE bersama dengan Inggris dan negara-negara G7 lainnya, memblokir asuransi dan re-asuransi kapal yang membawa minyak Rusia oleh perusahaan UE. Kontrak asuransi baru segera dilarang dan yang sudah ada akan dihapus selama enam bulan.

Seperti diketahui peran asuransi sangat penting karena kapal tanker tanpa asuransi tidak diperbolehkan masuk ke sebagian besar pelabuhan utama karena risiko kehilangan kargo dan litigasi jika terjadi tumpahan minyak

Banyak perusahaan asuransi besar dalam bisnis perkapalan merupakan orang Eropa atau dalam kasus grup perusahaan asuransi dan perusahaan re-asuransi termasuk perusahaan Eropa, sehingga larangan itu kemungkinan akan efektif, seperti halnya untuk minyak Iran pada tahun 2012.

Bank dan Layanan

Uni Eropa memutuskan hubungan bank terbesar Rusia Sberbank dari sistem perpesanan SWIFT serta dua pemberi pinjaman yang lebih kecil, Credit Bank of Moscow dan Russian Agricultural Bank. UE juga memutuskan layanan satu bank Belarusia.

Perusahaan akuntansi, lobi, hubungan masyarakat, dan konsultasi UE tidak akan diizinkan untuk memberikan layanan kepada entitas Rusia. Ini dikoordinasikan dengan Inggris dan negara-negara G7 lainnya, mencakup sebagian besar perusahaan konsultan terbesar di dunia.

Media

UE menangguhkan izin penyiaran untuk tiga media Negara Rusia: Rossiya RTR/RTR Planeta, Rossiya 24/Russia 24, dan TV Centre International. Selain itu, perusahaan UE tidak akan diizinkan untuk beriklan di outlet tersebut.

Pembatasan Ekspor

UE telah menambahkan bahan kimia yang dapat digunakan dalam proses pembuatan senjata kimia dalam pembatasan ekspor.

Individu dan Perusahaan

Paket UE memperluas daftar individu dan perusahaan yang bakal menghadapi pembekuan aset dan larangan perjalanan yang terkait dengan sektor industri militer Rusia. Daftar lengkap nama akan dirilis pada hari Jumat atau Sabtu. Ekspansi ini membawa UE sejalan dengan daftar serupa yang disusun oleh Amerika Serikat.

Sementara itu daftar entitas Belarusia yang terkena sanksi ditingkatkan dari satu menjadi 25. Ini adalah entitas yang terkait dengan otorisasi untuk penjualan, pasokan, transfer atau ekspor barang dan teknologi penggunaan ganda, serta barang dan teknologi yang mungkin berkontribusi pada peningkatan militer dan teknologi Belarus, atau untuk pengembangan sektor pertahanan dan keamanannya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)