Tingkatkan Kinerja Ekspor, LPEI dan Bank IBK Indonesia Lakukan Sinergi

Selasa, 07 Juni 2022 - 06:54 WIB
loading...
Tingkatkan Kinerja Ekspor, LPEI dan Bank IBK Indonesia Lakukan Sinergi
LPEI lakukan kerja sama dengan PT Bank IBK Indonesia Tbk untuk meningkatkan kinerja ekspor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dorong peningkatan kinerja ekspor , Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia ( LPE I)/ Indonesia Eximbank menjalin kerja sama dengan PT Bank IBK Indonesia Tbk untuk pemberian penjaminan kredit dan asuransi proteksi piutang dagang yang dapat dimanfaatkan oleh para eksportir.



Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Direktur Eksekutif LPEI Rijani Tirtoso, Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI Maqin U. Norhadi, dan Direktur Utama PT Bank IBK Indonesia Tbk Cha Jae Young, dan Direktur Kredit PT Bank IBK Indonesia Tbk Lee Dae Sung bertempat di kantor pusat LPEI, Jakarta, kemarin (6/6/2022).

Kerja sama ini sesuai dengan mandat yang diamanatkan kepada LPEI dalam UU No. 2 Tahun 2009 Pasal 7C, yaitu pemberian penjaminan bagi bank yang menjadi mitra penyediaan pembiayaan transaksi ekspor serta tercantum pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.15/POJK.03/2018; POJK No.40/POJK.03/2019; dan SEOJK No.11/SEOJK.03/2018.

Dalam aturan tersebut, LPEI sebagai lembaga yang memiliki sovereign status dapat memberikan penjaminan bagi bank dengan pembobotan aset tertimbang menurut risiko (ATMR) sebesar 0%, aset yang dijamin memiliki kualitas lancar dan pengecualian perhitungan batas maksimum pemberian kredit (BMPK) atau batas maksimum penyaluran dana (BMPD). Artinya, fasilitas ini akan memberikan akses pendanaan lebih bagi para eksportir yang merupakan nasabah PT Bank IBK Indonesia Tbk.



Sementara untuk kerja sama produk asuransi diberikan dalam bentuk asuransi proteksi piutang dagang yang akan memberikan kepastian pembayaran kepada para eksportir Indonesia. Fasilitas ini bermanfaat untuk menutup risiko gagal bayar oleh buyer sehingga meningkatkan confidence level eksportir dan perbankan, khususnya dalam melakukan penetrasi kepada negara tujuan dan buyer tertentu.

Direktur Eksekutif LPEI Rijani Tirtoso menyampaikan bahwa kerja sama dengan PT Bank IBK Indonesia merupakan wujud komitmen bersama untuk meningkatkan daya saing pelaku ekspor sehingga dapat meningkatkan ekspor nasional.

“Dukungan ini merupakan salah satu upaya strategis kami untuk memberikan credit enhancer kepada perbankan, baik nasional maupun asing, berupa pemberian penjaminan kredit kepada bank-bank tersebut sehingga menjadi stimulus bagi perbankan untuk memberikan pembiayaan yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha lokal khususnya eksportir. Nantinya produk kita juga akan semakin kompetitif di pasar Internasional,” ujar Rijani Tirtoso.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Bank IBK Indonesia Tbk Cha Jae Young menyambut baik kolaborasi dengan LPEI, khususnya dalam fasilitas penjaminan dan asuransi ekspor.



“Diharapkan dengan kerja sama ini, dapat memaksimalkan penyaluran kredit kepada debitur yang bergerak di bidang ekspor. Layanan kami kepada nasabah dalam memberikan kenyamanan lebih dan kepada eksportir dalam menjalankan bisnisnya,” tandas Cha Jae Young.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)