Menteri Trenggono Akan Rayakan Hari Laut Sedunia di Wakatobi

Selasa, 07 Juni 2022 - 07:30 WIB
loading...
Menteri Trenggono Akan Rayakan Hari Laut Sedunia di Wakatobi
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono akan merayakan Hari Laut Sedunia di Wakatobi. FOTO/KKP
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono beserta jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan merayakan Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) 2022 di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara pada 8 Juni 2022 besok.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Doni Ismanto mengatakan KKP akan menggelar sejumlah kegiatan yang menyimbolkan dukungan terhadap ekonomi biru di Wakatobi.

"Ini bentuk komitmen Pak Menteri menjaga laut sehat, Indonesia sejahtera, KKP telah berada di Pulau Wangi-wangi yang merupakan ibu kota kabupaten Wakatobi sejak tanggal 7-9 Juni untuk merayakan Hari Laut Sedunia yang jatuh pada 8 Juni 2022," kata Doni Ismanto dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (7/6/2022).


Sementara itu, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Artati Widiarti mengatakan kegiatan Hari Laut Sedunia di Wakatobi diisi beragam kegiatan yang selaras dengan tema peringatan Revitalization.

"Dalam perayaan Hari Laut Sedunia juga akan diserahkan bantuan pemerintah dari berbagai unit kerja KKP, yang nilainya mencapai Rp36 miliar yang akan diserahkan kepada masyarakat Wakatobi melalui pemda," ujar Artati.

Artati menambahkan, kegiatan bersih-bersih pantai mengawali rangkaian acara Hari Laut Sedunia 2022 di Wakatobi, sebagai wujud komitmen KKP dalam menjaga kesehatan laut.

"Kegiatan tersebut targetnya menjadi sarana edukasi bagi masyarakat agar lebih peduli pada kebersihan pantai dan laut dengan tidak membuang sampah sembarangan, serta bersedia melakukan gerakan bersih-bersih secara mandiri," kata dia.



Terkait implementasi ekonomi biru, Artati menambahkan bahwa KKP tengah mengembangkan budidaya rumput laut karena selain menjadi produk unggulan ekspor, rumput laut juga memegang peranan penting dalam isu perubahan iklim.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)