Erick Hubungkan BUMN dengan Inovasi serta Penemuan Universitas

Selasa, 23 Juni 2020 - 20:54 WIB
loading...
Erick Hubungkan BUMN dengan Inovasi serta Penemuan Universitas
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Kementerian BUMN akan melibatkan akademisi agar inovasi dan penemuan yang berkembang di universitas dapat link and match dengan BUMN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menandatangani Nota Kesepahaman dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mensinergikan tugas dan fungsi masing- masing lembaga dalam mendukung program pembangunan nasional. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Kementerian BUMN akan melibatkan akademisi agar inovasi dan penemuan yang berkembang di universitas dapat link and match dengan BUMN.

(Baca Juga: Empat Strategi Besar Erick Thohir dalam Pembenahan BUMN )

Hal ini sejalan dengan rencana Kementerian BUMN untuk mengembangkan National Health Industry Institute. "Potensi pengembangan inovasi dan teknologi ini perlu dioptimalkan dengan kolaborasi aktif secara pentahelix, yakni melalui kekuatan pemerintah, kekuatan civitas academica, kekuatan dunia usaha, dan kekuatan media," ujar Menteri Erick di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Sambung dia menerangkan, perjanjian ini meliputi kerja sama penelitian (joint research) dan hilirisasi temuan/inovasi yang potensial untuk mendukung kinerja BUMN, fasilitasi diklat dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) ditambah serta kerja sama dalam pengabdian masyarakat. "Dalam menjalani Tatanan Normal Baru yang terjadi akibat Corona Virus Disease 19 (COVID- 19) menuntut adanya inovasi teknologi di BUMN," ungkapnya.

Kata dia, Kementerian BUMN mengharapkan Researchand Development tidak hanya dilakukan oleh BUMN, namun bisa disinergikan bersama universitas agar terbentuk ekosistem yang saling mendukung guna menghasilkan inovasi dan penelitian yang bermanfaat bagi bangsa dan masyarakat Indonesia.

(Baca Juga: Erick Thohir: Pemulihan BUMN Butuh Waktu Dua Tahun )

“Untuk itu Kementerian BUMN pada hari ini bekolaborasi dengan Universitas Indonesia, memberikan ruang kepada civitas academica untuk bersama-sama memajukan BUMN sebagai lokomotif ekonomi bangsa,” tutur Erick.

Kerja sama ini, menurut Menteri BUMN, diharapkan akan menciptakan ekosistem yang saling mendukung guna menghasilkan produk inovasi yang bermanfaat bagi bangsa. "Sehingga segala potensi yang ada dapat mendukung BUMN Untuk Indonesia dan mencapai Indonesia Maju," jelasnya.
(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1431 seconds (10.177#12.26)