Promosikan Produk UMKM Hingga Pariwisata di Seluruh Indonesia, HIPMI Bakal Gelar Expo di HUT ke-50

Kamis, 09 Juni 2022 - 13:30 WIB
loading...
Promosikan Produk UMKM Hingga Pariwisata di Seluruh Indonesia, HIPMI Bakal Gelar Expo di HUT ke-50
HIPMI Expo diharapkan dapat menjadi kebangkitan perekonomian daerah. Foto/Ilustrasi/MNC Media
A A A
JAKARTA - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( HIPMI ) bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia ( Apkasi ) akan menyelenggarakan HIPMI Expo yang merupakan rangkaian acara dari Hari Ulang Tahun (HUT) HIPMI ke-50. Acara tersebut akan dilaksanakan pada 10-12 Juni 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming mengharapkan, kegiatan HIPMI Expo dapat menjadi kebangkitan perekonomian daerah. Menurutnya, kegiatan ini merupakan agenda HIPMI dalam membantu mempromosikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berkualitas, peluang investasi, dan sektor pariwisata unggulan.

Baca Juga: Jelang HUT HIPMI ke-50 Tahun, 3.500 Pengusaha Muda Seluruh Indonesia Bakal Serbu JCC

"Kami berharap, keberhasilan kegiatan HIPMI Expo ini dapat menjadi kebangkitan perekonomian daerah. Investasi menjadi salah satu hal penting dalam pergerakan ekonomi di Indonesia," ujar Maming, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Ia pun menekankan pentingnya kemudahan berusaha di daerah. Sehingga, nantinya akan mampu menarik banyak investor untuk masuk ke daerah dan menggerakkan ekonomi. Menunjukkan bahwa iklim investasi di daerah-daerah akan semakin baik.

"Perlu adanya kepastian hukum dalam kegiatan berusaha di daerah. Selain itu, perlu juga menekankan kemudahan perizinan dalam mendirikan usaha. Kemudahan dan kepastian tersebut diharapkan dapat munculkan usaha baru yang dapat menyerap tenaga kerja," ucapnya.

Dalam HIPMI Expo, Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu menambahkan, pameran tersebut akan menawarkan peluang investasi terkait berbentuk produk-produk daerah yang potensi untuk dikembangkan dan diperdagangkan. Tidak hanya pameran, pada HIPMI Expo juga dilakukan forum bisnis.

"Diharapkan, dalam forum tersebut dapat memberi penjelasan kepada calon investor. Kegiatan forum bisnis ini akan berkolaborasi antara perwakilan pemerintah kabupaten dengan calon investor," ungkap CEO PT Maming Enam Sembilan Group yang membawahi 56 entitas anak perusahaan itu.

Maming berharap, dalam pameran tersebut nantinya jumlah pengusaha di Indonesia akan meningkat. Pasalnya, hingga saat ini jumlah pengusaha di Indonesia mencapai 3 persen. Untuk menjadi suatu negara yang maju, Indonesia perlu 14 persen jumlah pengusaha dari jumlah populasi di Indonesia.

"Sehingga, pada era bonus demografi tahun 2030-2040 yang akan datang menjadi ajangnya anak muda dalam berbisnis. Diharapkan, Indonesia akan menjadi negara maju di tahun tersebut," tuturnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3685 seconds (11.252#12.26)