Rusia Dituding Curi Biji Gandum Ukraina dan Mengekspornya, Turki Jadi Penengah

Jum'at, 10 Juni 2022 - 16:08 WIB
loading...
A A A
Berbicara juga kepada kantor berita negara Rusia RIA, Oleg mengungkapkan biji-bijian sedang diangkut dari wilayah Kherson yang diduduki. Seperti dikutip dari BBC, pihak berwenang Rusia belum memberikan komentar.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov diketahui membahas masalah biji-bijian dengan mitranya dari Turki, Mevlut Cavusoglu di Ankara pada hari Rabu, tetapi belum ada terobosan yang terjadi.

Lavrov membantah, bahwa Rusia menghalangi ekspor gandum Ukraina, dengan mengatakan tanggung jawab ada pada Ukraina untuk menghapus ranjau perairan di lepas pantai Odesa dan pelabuhan lainnya.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri Ukraina mengatakan, Ukraina tidak dapat menghapus ranjau pantai karena Rusia akan "menggunakan koridor biji-bijian itu untuk menyerang Ukraina selatan".

Rusia juga menyalahkan sanksi Barat atas krisis pangan yang mengancam global. Namun Barat justru balik menuding Rusia telah menggunakan pasokan makanan sebagai 'senjata'.



Turki sendiri mencoba menjadi perantara kesepakatan untuk menciptakan koridor maritim yang aman.

Apa Komentar Ukraina?

Pekan lalu duta besar Ukraina untuk Turki, Vasyl Bodnar mengungkapkan, Rusia sedang mengirimkan biji-bijian curian dari Krimea, dan Turki termasuk di antara tujuan tersebut.

"Kami telah mengajukan permohonan agar Turki membantu dan, atas saran pihak Turki, meluncurkan kasus kriminal mengenai mereka yang mencuri dan menjual biji-bijian," katanya seperti dikutip Reuters.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)