Penyelewengan 10 Ribu Ton Minyak Goreng Terungkap Berkat Sistem Digital

Senin, 13 Juni 2022 - 10:56 WIB
loading...
Penyelewengan 10 Ribu Ton Minyak Goreng Terungkap Berkat Sistem Digital
Mendag Muhammad Lutfi mengatakan berkat teknologi digital, pengawasan bisa dilakukan dengan ketat. Terbukti oknum penyelewengan minyak goreng curah di Jawa Barat berhasil terdeteksi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan atau Mendag Muhammad Lutfi mengatakan berkat teknologi digital , pengawasan bisa dilakukan dengan ketat. Terbukti oknum penyelewengan minyak goreng curah di Jawa Barat berhasil terdeteksi.

"Inisiasi penggunaan teknologi digital yang sudah dikembangkan, banyak terkoneksitas dengan aparat penegak hukum seperti Kejaksaan, Kepolisian, TNI Angkatan Darat. Sehingga segala bentuk penyelewengan bisa transparan," kata Mendag Lutfi saat berdialog di Kanal Youtube Asumsi, dikutip Senin (13/6/2022).



"Misalnya waktu itu di Jawa Barat, ada seorang ibu punya toko 1 tapi memiliki 5 email yang berbeda, nama perusahaan juga berbeda tapi mengontrol setidaknya 5 pasar di Jawa Barat. Jadi 5 pasar di Jawa Barat ini sudah ada indikasinya menuju ke sana," bebernya.

Lanjut Mendag Lutfi menuturkan, pada kasus tersebut, terdeteksi ada 10.000 ton yang datang ke satu titik lokasi dan hanya dipakai pada segelintir orang. Namun karena kecanggihan teknologi, bibit masalah seperti itu bisa cepat dirangkus oleh pihak terkait.

"Kalau di zaman dulu karena waktunya instan pengen cepet-cepet, jadi kita sulit mendeteksi. Sekarang karena prosesnya sudah digital, jadi kita bisa lihat, kok ini datang 1 juta liter atau sebanding dengan 10.000 ton, kok cuma dipakai 5 orang tapi titik GPS-nya 1. Jadi hal-hal seperti ini bisa kedeteksi," jelasnya.



Untuk diketahui saat ini Mendag Lutfi terus memantau sistem distribusi closed loop Program Minyak Goreng Curah Rakyat. Distribusi ini dilakukan oleh Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE) dengan menggunakan aplikasi.

Melalui aplikasi teknologi digital, pemerintah dapat memastikan distribusi minyak goreng curah dapat dikontrol sehingga tidak terjadi penyelewengan dan barang bisa sampai tepat sasaran.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)