alexametrics

Hadirkan Rak Dinding Antigagal di Rumah

loading...
Hadirkan Rak Dinding Antigagal di Rumah
Foto/Istimewa
A+ A-
RAK adalah salah satu perabot multifungsi yang perlu ada di rumah. Bila modelnya sederhana, Anda dapat membuat dan memasangnya sendiri. Bahkan, memasangnya pun bisa dengan paku, bracket atau rel, tergantung model raknya.

Rak yang dapat berfungsi secara maksimal akan membuat barang-barang tersimpan dengan baik dan aman. Sebaiknya rak dibuat dengan desain yang simpel dan fleksibel. Terlebih untuk hunian minimalis yang jarang memiliki ruang penyimpanan.

"Rak sering kali hadir dalam ruangan untuk menyimpan dan memajang benda koleksi. Membuatnya pun harus disesuaikan dengan besaran ruang. Sebagai contoh, ruang minimalis ideal rak berukuran panjang 1,2 meter dan lebar 0,4 meter d?engan ketiga sisinya tertutup dinding dan satu sisi terbuka," tutur desain interior Effan Adhiwira. (Baca: Bali Siap Jalani Tatanan Kenormalan Baru Pariwisata)



Sementara ketinggiannya tidak ada ketentuan pasti. Namun, lebar ruangan dapat digunakan sebagai patokan lebar rak. Panjang ruangan pun akan berpengaruh pada panjang rak yang ingin dihadirkan.

Model rak yang menempel di dinding mampu memperindah ruangan. Anda pun hanya perlu menempatkan papan-papan yang kuat. Lebar rak bisa disesuaikan dengan ukuran dinding.

Satu dinding belakang sebagai penyokong rangka horizontal belakang dan dua dinding samping yang berseberangan sebagai penyokong rangka horizontal samping. Beban barang mampu disalurkan ke papan rak, rangka horizontal, selanjutnya dinding di belakangnya.

"Untuk rak yang dibuat menempel di dinding bisa menggunakan rangka aluminium dan kayu. Aluminium yang digunakan dapat berbentuk pipa kotak berpenampang 13 x 13 mm, dapat pula berbentuk siku berukuran 25 x 25 mm atau 32 x 32 mm," ungkap Effan.

Bila Anda menggunakan rangka siku, peletakan papan rak dapat dibuat bervariasi, yaitu di sisi luar rangka siku atau disebut sit on. Papan juga bisa diletakkan di sisi dalam rangka siku atau disebut drop in.

Setelah itu, rangka ini diletakkan secara horizontal dan dipaku di sepanjang dinding sehingga funginya sebagai tatakan papan rak. Ketinggian rangka ini harus benar-benar sama sehingga tidak ada permukaan papan rak yang miring. (Baca juga: Korut Pasang Kembali Pengeras Suara di Sepanjang Perbatasan)

"Selain kayu, lembaran kaca dapat digunakan sebagai papan rak. Idealnya kaca yang digunakan berukuran 2/20 atau 3/20, sedangkan ketebalan kacanya 5 mm," bebernya.

Penyangga tambahan dibuat bila panjang rak lebih dari 60 cm (material kaca) dan 100 cm untuk material kayu. Ini pun jika rak menyangga beban sedang, artinya bukan untuk menyimpan barang-barang berat.

Penyangga tambahan bisa berupa penyangga besi berbentuk "L" atau biasa disebut bracket. Satu sisinya disekrupkan ke dinding dan sisi lainnya untuk menyangga rak.

Bila Anda membeli rak yang sudah jadi, sebaiknya ukur dahulu panjang dan lebar rak tersebut. Rak buku biasanya memiliki kedalaman sekitar 30 cm, sama seperti rak lainnya.

Untuk membuat fungsinya lebih beragam, Anda bisa menyatukan rak dengan meja kerja. Desain rak sekaligus meja bisa menjadi solusi praktis di ruang kerja, terlebih untuk hunian mungil. Untuk melengkapinya, Anda bisa menambahkan stool sebagai kursi meja. (Lihat videonya: Lagi-lagi Pesepeda Menjadi Korban Pembegalan di Jakarta)

Model rak terbuka mampu memberikan kesan ringan pada area kerja Anda. Rak terbuka memberikan kemudahan saat mengambil dan meletakkan barang seperti buku atau alat tulis. Agar tidak tampil polos, Anda bisa menambahkan tekstur pada dinding menggunakan bata putih ekspos. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top