Begini Taktik Sri Mulyani di Tengah Ancaman Multikrisis

Rabu, 15 Juni 2022 - 10:44 WIB
loading...
Begini Taktik Sri Mulyani di Tengah Ancaman Multikrisis
Bagaimana respons Indonesia terhadap kebijakan pengetatan moneter dan kenaikan suku bunga untuk mengendalikan laju inflasi. Menkeu Sri Mulyani menerangkan, taktik Indonesia. Foto/Dok
A A A
SINGAPURA - Bagaimana respons Indonesia terhadap kebijakan pengetatan moneter dan kenaikan suku bunga untuk mengendalikan laju inflasi. Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani menerangkan, taktik Indonesia menghadapi isu-isu global terkini.



Separuh tahun 2022 terlewati, dunia memasuki babak tantangan global baru akibat konflik perang di Ukraina, sementara pandemi belum usai. Untuk mempertahankan perekonomian masing-masing, beragam pengetatan dilakukan negara maju.

"Dalam 2 tahun masa pandemi ini, prioritas fiskal Indonesia adalah untuk menyehatkan masyarakat, dan juga menyiapkan social safety net bagi yang terdampak. Kini, di saat memasuki fase pemulihan ekonomi, kita disambut dengan multikrisis , dimana salah satunya adalah perang yang berkecamuk dan menimbulkan lonjakan harga-harga komoditas," ujar Sri Mulyani di antara agenda Indonesia-Singapore Business Forum, seperti dikutip dalam akun Instagramnya @smindrawati, Kamis (15/6/2022).



Lebih lanjut mantan Direktur Bank Dunia itu juga menerangkan, saat ini, kebijakan fiskal difokuskan untuk meredam guncangan krisis dan menjaga daya beli masyarakat. Makanya APBN harus terus dijaga dalam kondisi prima.

"Konsolidasi fiskal pun penting untuk dilakukan, agar kita memiliki persiapan untuk menghadapi krisis global yang datang tak terduga. Saya yakin, dengan pengelolaan fiskal yang hati-hati, baik Indonesia maupun Singapore akan dapat segera pulih," tandasnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0034 seconds (0.1#10.140)