Garuda Indonesia Disuntik PMN Rp7,5 Triliun, Erick Thohir Sebut Penyelamatan

Senin, 27 Juni 2022 - 17:11 WIB
loading...
Garuda Indonesia Disuntik PMN Rp7,5 Triliun, Erick Thohir Sebut Penyelamatan
Menteri BUMN, Erick Thohir memastikan, Garuda Indonesia akan menerima Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp7,5 triliun. Namun Ia memberikan catatan, bahwa bisnis Garuda engga usah lagi gaya-gayaan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memastikan, PT Garuda Indonesia Tbk, akan menerima Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp7,5 triliun. Anggaran ini bersumber dari cadangan pembiayaan investasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2022.



Erick menilai, suntikan dana segar perlu dilakukan pemerintah lantaran Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan nasional (flag carrier). Langkah itu sekaligus membantu emiten bersandi saham GIAA ini keluar dari krisis keuangan. Adapun PMN ini akan diterima setelah perusahaan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Bahwa nomor satu pemerintahan hadir dulu, sekarang pemerintah membuktikan bahwa ini flag carrier, pemerintah dengan konsep penyelamatan sebagai payung hukum akan menyuntik Rp 7,5 triliun, itu dulu yang kita lakukan," ungkap Erick Thohir saat konferensi pers, Jakarta, Senin (27/6/2022).

Pemberian PMN ini merupakan upaya awal pemerintah menyelamatkan Garuda Indonesia, setelah memperoleh homologasi atau kesepakatan damai dengan kreditur terkait proposal utang senilai Rp142 triliun. Selanjutnya, pemegang saham membidik bisnis baru perusahaan yang fokus pada penerbangan domestik.

"Nah setelah itu baru kita lihat apa perbaikan yang kita lakukan ke depan, yang pasti Garuda Indonesia ke depan akan fokus domestik bukan internasional, yang dulu 70 persen internasional semuanya rugi," tutur dia.



Erick Thohir memastikan bisnis Garuda Indonesia kedepannya bukan untuk 'gaya-gayaan'. Menurutnya, bisnis maskapai penerbangan pelet merah ini akan difokuskan pada penerbangan domestik, umroh/haji, hingga kargo. Dia menilai fokus ini sejalan dengan potensi market penerbangan domestik yang sangat potensial.

"Ya ngapain kita bisnis gaya-gayaan, lebih baik kita memperbaiki domestik kita yang sangat besar marketnya, tetapi luar negerinya sedikit saja itu pun umroh/haji dan kargo. Lainnya lebih kepada domestik, nah jadi untuk masalah ke depannya masih terlalu dini, kita fokus hari ini dulu," kata Erick.

Menurutnya, homologasi yang dicapai emiten Garuda merupakan hasil kerja keras banyak pihak, sehingga mampu menghasilkan keputusan terbaik.

"Bahwa penyelesaian ini konkret tidak setengah-setengah, karena dalam melakukan perbaikan sebuah perusahaan, apalagi BUMN yang harus sehat dan juga bagian kita mengintervensi market seperti harga tiket yang lagi mahal hari ini, kan ini menjadi penyeimbang," ungkapnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)