Dukung Pengembangan UMKM di Tengah Pandemi, PLN Beri Pelatihan Melalui Webinar

Kamis, 25 Juni 2020 - 19:28 WIB
loading...
Dukung Pengembangan UMKM di Tengah Pandemi, PLN Beri Pelatihan Melalui Webinar
Pelatihan bagi UMKM yang digelar PLN lewat webinar melalui wadah Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang tersebar di seluruh Indonesia. Foto/Dok. PLN
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi yang nyata bagi Indonesia. Tidak hanya memastikan pasokan listrik yang berkualitas bagi seluruh rakyat, PLN juga mendukung pemerintah dalam menanggulangi penyebarab serta dampak dari wabah Covid-19.

Salah satu dukungan yang diberiakn PLN adalah dengan memberikan pelatihan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui webinar. Kegiatan webinar ini dilakukan melalui wadah Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang tersebar di seluruh Indonesia.

"PLN mempunyai program pelatihan webinar untuk UMKM. Dalam waktu dua bulan, sudah ada 2.293 peserta dari UMKM yang sudah mengikuti pelatihan sebanyak 41 kelas webinar yang dibuka untuk UMKM yang berasal dari seluruh Indonesia," tutur Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi di Jakarta, Kamis (25/6/2020).

(Baca Juga: Selama Pandemi COVID-19, PLN Gelontorkan Bantuan Rp3,3 Miliar)

Kegiatan webinar dilakukan melalui RKB yang selama ini telah menjadi wadah UMKM untuk mendapatkan pelatihan dan pembinaan agar dapat meningkatkan usahanya. RKB juga memberikan kemudahan akses informasi bagi seluruh pelaku UMKM agar dapat berkembang lebih baik lagi. RKB PLN yang secara aktif melaksanakan pelatihan webinar adalah daerah RKB Gunung Kidul, Denpasar, Bandar Lampung, dan Aceh Utara sudah memiliki RKB di daerahnya masing-masing. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan UMKM tidak hanya berfokus di kota besar saja, tetapi sampai ke pelosok negeri.

"Fokus utama dari program ini adalah untuk membantu UMKM secara konsisten agar terus dapat bertahan secara mandiri dari dampak ekonomi yang dialami oleh pandemi Covid-19. Salah satu contoh program yang dilaksanakan adalah strategi menjual produk selama masa pandemi dan pelatihan menjual barang atau jasa di marketplace yang tersedia," jelas Agung.

Dengan diberikannya pelatihan tersebut, diharapkan UMKM dapat terus bisa eksis dan menambah pasar penjualan produk mereka. PLN akan terus memberikan bantuan kepada UMKM agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka dalam usaha.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)