Sinar Mas Land Ajak Masyarakat Manfaatkan Limbah Rumah Tangga Melalui Festival Hijau

Kamis, 25 Juni 2020 - 22:25 WIB
loading...
Sinar Mas Land Ajak Masyarakat Manfaatkan Limbah Rumah Tangga Melalui Festival Hijau
Deputy Group CEO Sinar Mas Land Monik William. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Perhatian pada lingkungan tetap menjadi prioritas Sinar Mas Land, sekalipun ditengah masa pandemi Covid-19 ini. Sinar Mas Land menggelar edukasi tentang lingkungan melalui media online (daring), baik kepada masyarakat melalui aplikasi Whatsapp, juga kepada karyawan, termasuk pilar usaha lain dari Sinar Mas melalui aplikasi zoom.

Sebagai materi pamungkas, karyawan Sinar Mas Land dan pilar usaha lain dari Sinar Mas menyelenggarakan Webinar pada Rabu (24/6), dengan tema Bijak menangani sampah dan pemanfaatan limbah rumah tangga. Menurut CSR Department Head BSD City Sinar Mas Land, Maria Chatarina, pembahasan tersebut penting diangkat karena sampah sudah menjadi masalah nasional.
"Dengan edukasi tersebut, masyarakat diharapkan mampu mengurangi volume sampah, terutama yang dihasilkan setiap individu baik di rumah maupun di kantor," ujar Maria, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Monik William, Deputy Group CEO Sinar Mas Land menyatakan edukasi daring tentang lingkungan secara virtual yang diselenggarakan CSR Sinar Mas Land BSD City ini, merupakan komitmen perusahaan dalam mewujudkan tanggung jawab sosial di bidang lingkungan, yang bertujuan mengubah perilaku masyarakat, agar lebih peduli pada lingkungan, dengan melakukan tindakan nyata.

Seorang praktisi dan penggiat lingkungan, Supendi Akbar Spd, yang memberikan materi itu menyampaikan bahwa pengelolaan sampah bertujuan menekan dampak negatif pada lingkungan atau bahkan membuat sampah menjadi bernilai ekonomi. Ada beberapa tahap pengelolaan sampah, seperti pisahkan sampah sesuai jenisnya, buat sampah organik menjadi pupuk, dan daur ulang sampah anorganik.

"Selain itu, masyarakat perlu membudayakan gaya hidup reduce, reuse and recycle atau biasa dikenal dengan 3R. Biasakan pula kita mengurangi pemakaian plastik atau bahan-bahan lain yang sulit terurai," papar Supendi.

Edukasi secara daring tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Festival Hijau BSD Ke-17 yang bertema memberdayakan masyarakat dalam membangun ketahanan pangan. Sekitar 260 peserta yang terdiri dari para guru, orangtua, dan anak mengikuti edukasi tersebut secara berturut-turut setiap minggu sejak 18 Mei 2020. Berbagai materi lingkungan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari telah disampaikan seperti Membangun Ketahananan Pangan mandiri, Pembibitan, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pemanfaatan limbah.

Sebagai bentuk kontribusi lain pada lingkungan, pada Kamis (18/6), CSR Sinar Mas Land melalui PT BSD Tbk memberikan bantuan obat-obatan penghilang bau sampah kepada Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan. Bantuan ini untuk penanganan sampah di TPA Cipeucang yang berada di wilayah Kota Tangerang Selatan. Hal tersebut juga menjadi rangkaian dari kegiatan Festival Hijau 2020.

Puncak acara Festival Hijau akan diadakan secara virtual pada Jumat (3/7) melalui aplikasi Zoom. Ratusan peserta Festival Hijau BSD Ke-17 serta para karyawan Sinar Mas Land dan pilar usaha lain Sinar Mas akan terlibat dalam puncak acara. Rencananya, Duta Lingkungan dan Pelestarian Alam, Dik Doank, turut memeriahkan kegiatan itu bersama para pemimpin daerah setempat, yaitu Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diany.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)