Penanganan Aset BLBI Bikin Pakar Gemes, Berikut Sarannya Buat Menkeu Sri Mulyani

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:15 WIB
loading...
A A A
Departemen Keuangan AS menetapkan beberapa program di bawah TARP untuk membantu menstabilkan sistem keuangan Amerika Serikat, memulai kembali pertumbuhan ekonomi, dan mencegah penyitaan yang dapat dihindari.



Sekali lagi, mencegah penyitaan. Karena, penyitaan adalah langkah tabu dan keliru dalam upaya meningkatkan recovery rate. Lebih baik mereka yang tidak kooperatif dibangkrutkan total ketimbang disita asetnya.

"Namun, Pemerintah Indonesia tidak pernah berani membangkrutkan konglomerat yang nakal karena vested interest dan conflict of interest," tuturnya.

Motif utama Geithner dalam melakukan bailout adalah keuntungan bagi negara. Di bidang keuangan, bailout adalah tindakan memberikan modal keuangan kepada perusahaan yang hampir bangkrut.

"Tujuan bailout adalah untuk mencegah perusahaan menjadi bangkrut. Kita juga bisa menggunakan istilah untuk menyelamatkan negara-negara yang berada dalam masalah serius. Terkadang motif di balik dana talangan adalah keuntungan," ungkapnya.

Sementara di Indonesia, motif utamanya adalah bailout akan merugikan keuangan negara! Pemerintah Amerika Serikat tidak menyita aset tetapi mengambil alih kontrol perusahaan.

Inilah yang terjadi jika the right man on the right job dilakukan dengan baik. Semua langkah dan strategi dilakukan dengan teori ekonomi yang benar.

"Mereka bukan saja lulusan doktor ekonomi universitas terbaik di dunia tetapi juga lulusan terbaik doktor ekonomi dari universitas terbaik di dunia tersebut. Strategi terbaik dihasilkan dan dieksekusi oleh para jenius," bebernya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2315 seconds (0.1#10.140)