Negara Kecil Ini Berani Blokade Rusia, Putin Siapkan Balasan

Selasa, 12 Juli 2022 - 13:57 WIB
loading...
Negara Kecil Ini Berani Blokade Rusia, Putin Siapkan Balasan
Lithuania memperluas blokade aliran barang dagangan dari Rusia. FOTO/Reuters
A A A
VILNIUS - Lithuania terus memperluas blokade aliran barang dagangan dari Rusia melalui wilayahnya ke eksklave Kaliningrad di Baltik Rusia. Hal itu sebagai tanggapan atas sanksi ekonomi Uni Eropa terhadap Moskow atas invasinya ke Ukraina.

Bea Cukai Lithuania melaporkan sejumlah barang-barang industri tambahan yang dilarang, antara lain beton, kayu, alkohol, dan bahan kimia industri berbasis alkohol. Lithuanian Railways memperkirakan bahwa pembatasan akan berlaku setara dengan sekitar 15% dari 3,7 juta ton kargo yang diangkut dari Rusia ke Kaliningrad pada paruh pertama tahun 2022 termasuk memperluas larangan logam besi yang dimulai bulan lalu.



Melansir Reuters, Kaliningrad merupakan sebuah pelabuhan Baltik menampung sekitar 1 juta orang dianeksasi oleh Uni Soviet dari Jerman setelah Perang Dunia II dan terhubung ke seluruh Rusia terutama jalur kereta api melalui Belarus.

Moskow menegaskan bahwa larangan transit darat beberapa barang merupakan blokade ilegal. Sementara, Lithuania mengatakan tidak punya pilihan selain menegakkan sanksi yang dijatuhkan oleh Brussels.

Rusia memperingatkan Lithuania dan Uni Eropa bahwa mereka akan mengambil tindakan tegas untuk membalas blokade ilegal tersebut apabila transit sejumlah barang ke dan dari Kaliningrad tidak dibuka dalam beberapa hari mendatang.

Gubernur Regional Kaliningrad mengusulkan larangan total pergerakan barang melalui darat dari tiga negara anggota Baltik Uni Eropa, yakni Lithuania, Latvia, dan Estonia.

"Ini akan memberikan aktivitas lebih longgar kepada operator maritim kami dan memberikan pekerjaan ke pelabuhan Kaliningrad, yang telah terpukul keras oleh pembatasan UE," kata Gubernur Anton Alikhanov melalui pesan Telegram.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Belarus Alexander Lukashenko, sekutu dekat, membahas kemungkinan balasan keras terhadap tindakan Lithuania.

"Langkah-langkah bersama tertentu yang mungkin... sehubungan dengan pembatasan ilegal yang diberlakukan oleh Lithuania pada transit barang ke wilayah Kaliningrad," kata Kremlin melalui pernyataan singkat di Telegram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)