Ramuan Luhut Kerek Harga TBS Sawit Petani, Target di Atas Rp2.000 Per Kg

Selasa, 12 Juli 2022 - 18:07 WIB
loading...
Ramuan Luhut Kerek Harga TBS Sawit Petani, Target di Atas Rp2.000 Per Kg
Menko Luhut mempunyai ramuan guna menstabilkan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit, dengan target di atas Rp2.000 per kilogram (kg). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, bahwa pemerintah akan membangun pabrik Crude Palm Oil (CPO) dan pabrik minyak goreng di wilayah Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat. Hal itu lakukan guna menstabilkan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Bengkulu.

"Pabrik sawit dan pabrik minyak goreng secepatnya dibangun di Provinsi Bengkulu guna menstabilkan harga sawit ," kata Menko Luhut dikutip dari Antara, Selasa (12/7/2022).



Ia menjelaskan, bahwa pembangunan pabrik di wilayah Provinsi Bengkulu melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Selain itu, terang Luhut, untuk menurunkan harga TBS di tingkat petani, pemerintah pusat akan segera melakukan pengosongan tangki di seluruh pabrik sawit.

Sehingga perusahaan sawit dapat membeli TBS dengan harga yang tinggi. Sambungnya, pemerintah pusat juga menargetkan pembelian TBS nantinya di atas Rp2 ribu per kilogram (kg).

"Presiden juga mengiyakan dengan tangki dikosongkan agar seluruh perusahaan membeli TBS dengan harga yang tinggi," ujarnya.



Diketahui dari laporan Sekretaris Jendral Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Mansuetus Darto, mengungkapkan bahwa harga TBS sawit di sejumlah wilayah Indonesia berada masih di bawah Rp1.000/kg. Seperti di Sulawesi Barat Kab. Pasang Kayu dan Mamuju Tengah harga TBS sawit senilai Rp 780/kg. Kalimantan Barat Kab. Sanggau Rp 800/kg dan Sekadau Rp 944/kg.

Kemudian, di Kalimantan Tengah, Kab. Seruyan dan Kab. Kobar Rp 780/kg. Kalimantan Timur, Kab. Paser Rp 700/kg. Lalu, di Riau, Kab. Roan Hulu Rp 800 /kg, Kab. Siak Rp 780/kg.

Lanjut, di Sumutera Utara, Kab. Labuhan Rp 800/kg. Di Jambi, Kab. Tanjung Tabung Barat Rp 1.500/kg. Di Sumatera Barat, Kab. Pasaman Barat Rp 600/kg. Sementara di Aceh, Kab. Aceh Utara Rp 600/kg.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)