Rupiah Lewati Rp15.000, Ini Rentetan Penyebabnya

Kamis, 14 Juli 2022 - 18:35 WIB
loading...
Rupiah Lewati Rp15.000, Ini Rentetan Penyebabnya
Rupiah hari ini lewati Rp15.000. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah ditutup melemah 28 poin di level Rp15.020 atas dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan sore ini, Kamis (14/7/2022). Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan salah satu faktor pemicu melemahnya mata uang garuda ini adalah sentimen dari ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina yang kemudian mendorong tekanan ekonomi dan politik global menjadi semakin parah.

Baca juga: Pelemahan Rupiah Jadi Bumerang terhadap Utang Pemerintah

"Rusia sendiri adalah negara pemasok minyak mentah terbesar kedua di dunia. Peperangan yang terjadi ini otomatis mendorong kenaikan harga minyak hingga berkali-kali lipat, dan kemudian menyebabkan kesulitan akses energi. Masalah ini kemudian mendorong terjadinya krisis energi," terang Ibrahim dalam rilis hariannya.

Sementara Ukraina juga memegang peranan penting dalam perdagangan komoditas dunia. Negara ini adalah salah satu pemasok gandum terbesar dunia.

"Karena perang, otomatis harga pangan melonjak pula, dan kemudian mendorong terjadinya krisis pangan," jelasnya.

Lanjut Ibrahim, perang ini kemudian berimbas pada lonjakan harga komoditas pangan dan energi dunia, sehingga mendorong kenaikan inflasi di berbagai belahan dunia.

"Negara lain yang tidak memiliki kemampuan untuk memberikan subsidi, otomatis bebannya dilimpahkan ke masyarakat. Ini kemudian mendorong terjadinya inflasi di berbagai negara, dan bahkan bisa mendorong mereka ke arah resesi," tandasnya.

Baca juga: Hasil Singapore Open 2022: Apriyani/Fadia Tembus Perempat Final usai Bungkam Duet Jerman

Lebih lanjut dia memprediksi, untuk perdagangan besok, Jumat (15/7/2022) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif, namun ditutup melemah di rentang Rp15.010-Rp15.060.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1392 seconds (10.55#12.26)