Percepat Pengembangan Energi Terbarukan, Menteri ESDM Apresiasi Peran METI

Rabu, 20 Juli 2022 - 21:06 WIB
loading...
Percepat Pengembangan Energi Terbarukan, Menteri ESDM Apresiasi Peran METI
Menteri ESDM Arifin Tasrif mengapresiasi kepengurusan METI periode 2022-2025. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mendorong peran Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) untuk membantu pemerintah dalam mengakselerasi target bauran energi. Dia pun mengapresiasi kepengurusan METI periode 2022-2025.

Arifin menjelaskan, ada tiga target besar utama pemerintah dalam transisi energi. Dia menilai, METI bisa berperan aktif dengan memberikan dukungan dan masukan terhadap kebijakan pemerintah.

"METI, sebagai salah satu mitra pemerintah dalam pengembangan pemanfaatan energi terbarukan diharapkan dapat ikut berperan penting dalam mendukung dan membantu pemerintah untuk mencapai 3 target besar di bidang energi, serta memberikan dukungan atas pelaksanaan kebijakan dan regulasi yang telah ditetapkan dan memberikan masukan untuk kebijakan dan regulasi yang sedang disusun," kata Arifin dalam keterangannya, Rabu (20/7/2022).

Tiga target besar sektor energi tersebut, menurut Arifin, bertujuan untuk memitigasi perubahan iklim, baik untuk jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Target jangka pendek adalah mencapai 23% porsi Energi Baru Terbarukan (EBT) pada bauran energi nasional di tahun 2025, target jangka menengah yakni 29% Nationally Determined Contribution pada tahun 2030, serta target jangka panjang yaitu mencapai Nett Zero Emission pada tahun 2060.

Adapun untuk mempercepat pengembangan EBT, Arifin mengatakan bahwa diperlukan regulasi yang komprehensif untuk menciptakan iklim pengembangan EBT yang berkelanjutan.

"Untuk itu saat ini sedang disiapkan Rancangan Perpres tentang Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan untuk Penyediaan Tenaga Listrik, dan Rancangan Undang Undang tentang Energi Baru dan Energi Terbarukan," terang dia.



Di samping itu, METI diharapkan menjadi pendorong utama pengembangan investasi dan alih teknologi energi terbarukan di Indonesia, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia bidang EBT.

Lebih lanjut, METI juga diharapkan dapat memanfaatkan kerja sama multilateral dan bilateral untuk mengatasi kesenjangan dalam pengembangan energi terbarukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8054 seconds (0.1#10.140)