Pailit, Bagaimana Nasib 3 Proyek Infrastruktur yang Masih Digarap BUMN Istaka Karya?

Senin, 25 Juli 2022 - 23:22 WIB
loading...
A A A
Sementara terkait pembangunan Gedung Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Brebes belum ada keterangan resmi. Hanya saja, dalam beberapa catatan media massa, Istaka memenangkan tender proyek pembangunan Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) di Brebes dengan nilai proyek mencapai Rp 120 miliar.

Dalam pengerjaannya, Istaka bekerja sama PT Chimarder 777. Dan sejak 2021 lalu, proyek tersebut juga sudah dibangun (groundbreaking). Gedung KPT Brebes ini dibangun di atas lahan 5 hektare yang terletak di Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes.

Pemerintah daerah setempat mengkonfirmasi bila proyek KPT dikerjakan oleh Istaka Karya dan Chimarder 777. Sehingga, bila Istaka Karya dibubarkan, maka akan diteruskan langsung Chimarder 777.

Hanya saja, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebut kelanjutan proyek yang digarap Istaka Karya akan ditentukan oleh kurator yang ditugaskan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Penentuan ini terkait proyek yang akan dilanjutkan dan tidak dilanjutkan.

Meski begitu, belum ada keterangan rinci ihwal proyek yang nantinya diteruskan. Artinya, skema keberlanjutan proyek yang dimaksud akan diserahkan kepada BUMN Karya lain atau justru diberikan kepada perusahaan swasta. Hal ini masih menjadi tanda tanya.

"Kita serahkan kepada kurator, nanti kurator yang menentukan, ada proyek juga, itu nanti kurator yang menentukan. Mana proyek yang bisa diteruskan, mana yang tidak diteruskan. Karena sudah dipailitkan, maka kurator yang menentukan," ungkap Arya.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)