AS Masuk Jurang Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II/2022 Turun 0,9 Persen

Kamis, 28 Juli 2022 - 21:12 WIB
loading...
AS Masuk Jurang Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II/2022 Turun 0,9 Persen
Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat (AS) mengalami kontraksi tahunan 0,9% pada kuartal II-2022. Secara teknis AS masuk ke jurang resesi setelah mencetak pertumbuhan negatif alias kontraksi dua kuartal beruntun. Foto/Dok
A A A
WASHINGTON - Departemen Perdagangan Amerika Serikat melaporkan Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat (AS) mengalami kontraksi tahunan sebesar 0,9% pada kuartal II-2022. Penurunan kedua kalinya secara berturut-turut ini membuat Negeri Paman Sam -julukan AS- secara teknis mengalami resesi .

Namun demikian, Biro Riset Ekonomi Nasional AS mendefinisikan reesi sebagai penurunan signifikan dalam aktivitas ekonomi AS , yang menyangkut aktivitas seluruh perekonomian selama lebih dari beberapa bulan, dikutip dari Reuters, Kamis (28/7/2022).



Laporan PDB ini menunjukkan penurunan kinerja ekonomi yang dipicu adanya lonjakan inflasi yang tinggi, melemahnya sentimen konsumen, dan volatilitas rantai pasokan.



Pertumbuhan pekerjaan AS rata-rata mencapai 456.700 per bulan di paruh pertama tahun ini. Pembangunan dan penjualan properti melemah, sejalan dengan melunaknya sentimen bisnis dan konsumen dalam beberapa hari terakhir.

Menteri Keuangan Janet Yellen dijadwalkan akan mengadakan konferensi pers pada hari Kamis untuk membahas keadaan ekonomi AS.

Secara teknis AS masuk ke jurang resesi setelah mencetak pertumbuhan negatif alias kontraksi sebesar 1,6% pada kuartal I/2022 yoy. Diterangkan secara umum resesi ditandai dengan kontraksi dalam PDB secara tahunan dalam dua kuartal berturut-turut.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)