Percepat Pemulihan Ekonomi, Perhutani Fokuskan CSR di 3 Bidang

Jum'at, 29 Juli 2022 - 20:12 WIB
loading...
Percepat Pemulihan Ekonomi, Perhutani Fokuskan CSR di 3 Bidang
Program CSR Perhutani meraih dua penghargaan Indonesia CSR Award-V-2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perum Perhutani memokuskan program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pada aspek lingkungan, pendidikan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Langkah ini untuk mempercepat kebangkitan ekonomi nasional.

Sekretaris Perusahaan Perum Perhutani Asep Dedi Mulyadi mengatakan, Perhutani berkomitmen untuk mendukung program CSR atau TJSL sehingga dapat berperan aktif mengoptimalkan bisnis di sektor kehutanan serta peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.

“Pada tahun 2022, kami tetap fokus dalam menyalurkan bantuan pada bidang lingkungan, pendidikan dan pengembangan UMKM sehingga dapat terus memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan,” ungkapnya, dikutip Jumat (29/7/2022).

Upaya tersebut, lanjut Asep, bertujuan untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19, pemulihan lingkungan dan penguatan pendidikan.

Baru-baru ini, program CSR Perhutani juga meraih dua penghargaan Indonesia CSR Award-V-2022 dari Economic Review.



Dua penghargaan tersebut yaitu The Best SDG’s Program Implementation- 2022 “Climate Action” dan ‘The Best Head of Corporate Secretary for Corporate Social Responsibility – 2022’.

Ajang CSR Award-V-2022 yang mengusung tema ”Recover Together – Stronger Together” - ”Corporate Social Responsibility for the Nation and State of the Republic of Indonesia” digelar untuk memberikan apresiasi tertinggi kepada perusahaan di Indonesia.

Di mana, perusahaan yang memiliki program CSR yang mampu mengelola risiko dan dampak perusahaan, bermanfaat dalam jangka panjang bagi penerima, dan berkontribusi bagi pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) di Indonesia.

Asep berharap, dua penghargaanyang diraih itu dapat memacu semangat Perhutani untuk menjalankan program TJSL.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Tenaga Ahli Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Pramu Risanto dan CEO Economic Review Irlisa Rachmadiana kepada Direktur Utama Perum Perhutani yang diwakili Asep Dedi Mulyadi.

Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Winarni Dien Monoarfa menyampaikan, ajang CSR Award merupakan awal kebangkitan Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan permasalahan global lainnya.

Dia juga menuturkan bahwa pemerintah dan instansi lainnya bahu-membahu menerapkan value 17 SDG’s atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Program ini dibuat untuk menjawab tuntutan dalam mengatasi kesenjangan sosial dan kemiskinan serta perubahan iklim yang terjadi di dunia. Rencana pada tahun 2045 pembangunan di Indonesia sudah merata dan tidak ada lagi isu kesenjangan sosial, kemiskinan penduduk, kelaparan dan rendahnya pendidikan dengan keberadaan program CSR perusahaan,” jelas dia.



Sementara itu, Irlisa Rachmadiana menjelaskan bahwa dalam proses penilaian CSR Award V 2022 terbagi menjadi 3 tingkatan yaitu Diamond, Gold & Silver.

Penilaian tersebut dikelompokan berdasarkan proses manajemen instansi/perusahaan dalam mengimplementasi program CSR di masyarakat.

Dari 600 instansi/perusahaan yang terdaftar untuk dilakukan penjurian terdapat 17 instansi/perusahaan yang berhak sebagai juara dalam ajang CSR Award V 2022.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4196 seconds (0.1#10.140)