Lonjakan Pengguna Internet Dorong Digitalisasi UMKM

Senin, 01 Agustus 2022 - 15:30 WIB
loading...
Lonjakan Pengguna Internet Dorong Digitalisasi UMKM
Digitalisasi UMKM jalan menuju kemandirian ekonomi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) punya potensi besar untuk berkontribusi dalam perekonomian nasional. Lewat digitalisasi, sektor usaha tersebut akan berkembang kian optimal seiring meluasnya pasar. Kenaikan kelas sektor usaha tersebut sekaligus menjadi jalan menuju kemandirian ekonomi.

Perlu ada berbagai dorongan dan stimulus berupa pendampingan usaha, permodalan, hingga menciptakan pasar. Digitalisasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas produksi hingga memperluas akses pemasaran.

"Softskill yang harus dimiliki antara lain kreatifitas, fleksibilitas, kolaboratif dan confident," ujar Anggota Komisi I DPR RI Taufik R. Abdullah dalam acara diskusi Aptika Kominfo, baru-baru ini.

Baca Juga: Jembatan Suroboyo Jadi Etalase Tumbuh Kembang UMKM

Menurut dia ketrampilan tersebut menjadi modal utama UMKM naik kelas. Pelaku usaha dituntut lebih lentur dalam merespons perubahan dan kebutuhan pasar masa kini. Tak hanya itu, pelaku UMKM juga ditutut luwes bekerja sama dengan stakeholders dalam pengembangan usaha, dan memiliki tingkat kepercayaan diri menghadapi tantangan di era digital.

Baca Juga: Terpuruk Dihantam Pandemi Covid-19, UMKM Bali Kembali Bangkit

Ketua Internet Marketer Nahdlatul Ulama (IMNU) Purbalingga Miswanto mengatakan peningkatan konsumsi internet membuka peluang baru bagi tumbuhnya UMKM. Berdasarkan data survey penggunaan Internet di Indonesia tahun 2022 pengguna internet di Indonesia telah mencapai 204,7 juta dari total populasi 277,7 juta di Indonesia. Lebih lanjut, pihanya menyebut dari angka tersebut membuktikan peluang besar memulai bisnis online.

"Syaratnya memiliki passion, memilih model yang tepat, target pasar dan memiliki channel usaha yang kuat," terangnya.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3183 seconds (10.177#12.26)