Tenang! Indonesia Diprediksi Tak Terjerumus ke Dalam Jurang Resesi

Kamis, 04 Agustus 2022 - 19:53 WIB
loading...
Tenang! Indonesia Diprediksi Tak Terjerumus ke Dalam Jurang Resesi
Ekonom Anton Hermanto Gunawan menyebut sejumlah indikator ekonomi Indonesia masih positif. Foto/TangkapanLayar
A A A
JAKARTA - Indonesia diperkirakan tidak akan masuk begitu dalam pada jurang resesi yang saat ini sedang mengancam ekonomi sejumlah negara. Beberapa indikator ekonomi menunjukkan Indonesia memiliki kemampuan mempertahankan tren pertumbuhan ekonomi .



"Memang ada ancaman resesi di Amerika dan Eropa, tapi di Indonesia berbeda. Kalau di Amerika ada masalah pada suplai logistik.Tapi di Indonesia kalau kita lihat tidak ada masalah pada demand," kata Anton Hermanto Gunawan, ekonom Prospera, pada acara MNC Forum LXV (65 th) secara daring, Kamis (4/8/2022).

Dari beberapa indikator, Indonesia juga belum terlalu ada tekanan inflasi. Walaupun inflasi meningkat, tapi lebih karena adanya kenaikan pada administered price dan food prices. Juga beberapa win pool dan current account surplus. Lalu inflasi saat ini sedang dijaga agar tidak terlalu tinggi.

"Domestik demand tidak terlalu tinggi tekanannya. Penjualan mobil dan motor hotel memang naik tapi masih di bawah sebelumnya. Jadi saya tidak yakin Indonesia akan masuk resesi," jelas dia.

Kendati begitu, pemerintah harus mempetimbangkan beberapa hal. Misalnya pada 2022 ini tidak ada masalah pada pendapatan karena masih ada revenue sehingga masih bisa melakukan subsidi di beberapa sektor. Namun itu bisa berbeda di tahun depan, apalagi jika resesi makin dalam, misalnya perang masih terjadi.

"Nah, apakah subsidi masih bisa dipertahankan. Kalau resesi terjadi dan dunia slowdown, sehingga demand komoditi akan turun. Kita perlu pertimbangkan juga soal kompensasi kredit yang akan berakhir. Apakah nanti masalah NPL ini bisa menjadi risiko," ujar dia.



Sementara itu, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo juga menilai, ekonomi Indonesia akan bertahan dengan baik. Hal ini merupakan optimisme bersama yang perlu dibangun sehingga iklim usaha tetap tumbuh baik.

"Beberapa negara telah terpengaruh kondisi dunia, tapi saya sangat yakin ekonomi Indonesia kuat," ujar dia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)