Kemnaker Beri Pelatihan Berbasis Kompetensi Warga Sekitar IKN Nusantara

Kamis, 04 Agustus 2022 - 22:00 WIB
loading...
Kemnaker Beri Pelatihan Berbasis Kompetensi Warga Sekitar IKN Nusantara
Menaker Ida Fauziyah. FOTO/dok.Kemnaker
A A A
JAKARTA - Pemerintah memberikan pelatihan kepada warga di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Tujuannya agar warga memiliki kompetensi untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja pembangunan ibu kota baru.

"Kemenaker ingin meneguhkan komitmen pemerintah khususnya Kementerian Ketenagakerjaan untuk memastikan masyarakat di sekitar Ibu Kota Nusantara ini bukan jadi penonton tetapi menjadi aktor utama dalam pembangunan Ibu Kota Negara Ini," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melalui pernyataan resmi, di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Jokowi Akan Cek Pembangunan IKN Nusantara 3 Bulan Sekali

Menaker bersama Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Gubernur Kalimantan Timur membuka Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap 2 bagi masyarakat di kawasan IKN Nusantara. Ida mengatakan seluruh masyarakat di sekitar IKN adalah aktor utama pembangunan IKN Nusantara. Maka kualitas SDM perlu ditingkatkan sehingga bisa mengambil peran pada proses pembangunan jangka panjang itu.

Pihaknya mendukung penyiapan tenaga kerja di IKN melalui BPVP Samarinda dan lima balai besar pelatihan vokasi yang ada di Indonesia, yaitu Balai Besar di Bekasi, Medan, Semarang, Serang, dan Bandung. Selain itu, untuk mendukung penyiapan tenaga kerja kompeten, Kemenaker menyiapkan penyiapan anjungan siap kerja, pelaksanaan program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan, dan inisiasi pembentukan tim koordinasi daerah vokasi IKN Nusantara.

Baca Juga: PUPR Akan Jadi Kementerian Pertama yang Kirim ASN ke IKN Nusantara

Pelatihan tahap dua ini terdapat 9 Paket PBK dengan total peserta sebanyak 144 orang. Adapun jenis pelatihannya antara lain program pelatihan pengecatan, pelatihan barista, pelatihan pembuatan roti dan kue, pelatihan hidroponik. Selian itu, dilakukan pelatihan menjahit pakaian wanita dewasa, pelatihan sablon atau digital printing, pelatihan pembuatan batik tulis, pelatihan operator excavator, dan program pelatihan operator dump truck.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1623 seconds (11.252#12.26)