Tugas PNS Pusat dengan ASN Daerah, Intip Yuk Perbedaannya

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 14:00 WIB
loading...
Tugas PNS Pusat dengan ASN Daerah, Intip Yuk Perbedaannya
Perbedaan tugas PNS pusat dengan ASN daerah. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perbedaan tugas pegawai negeri sipil (PNS) yang ada di daerah dan pusat akan diulas dalam artikel ini. PNS daerah dan ASN pusat memiliki perbedaan dalam hak maupun kewajiban.

Baca Juga: 6 Tunjangan PNS Beserta Besarannya, Ada yang Cair sampai Ratusan Juta

Kendati demikian, baik PNS daerah ataupun PNS pusat mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama, yakni sebagai pelayan atau abdi masyarakat. Dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (6/8/2022), PNS daerah mempunyai peran sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum kantor pemerintahan daerah setingkat Provinsi, Kota, Kabupaten ataupun Desa.

Hal ini dilakukan dalam hal kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme. Kemudian, PNS daerah juga berperan dalam kebijakan yang mendukung kesejahteraan rakyat. Di mana, PNS daerah punya peran penting dalam perekonomian daerah.

Baca Juga: UI Buka Lowongan Dosen Tetap Non PNS, Tersedia 157 Formasi

Dalam melaksanakan tugas, PNS daerah dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), baik itu APBD provinsi maupun APBD Kabupaten/Kota. Adapun PNS daerah terdiri dari Daerah Tingkat I (Provinsi) dan Daerah Tingkat II (Kabupaten).

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1389 seconds (11.252#12.26)