Biaya Pendidikan Meningkat Setiap Tahun, Pundi Reksa Dana Bisa Jadi Solusi

Minggu, 07 Agustus 2022 - 10:21 WIB
loading...
Biaya Pendidikan Meningkat Setiap Tahun, Pundi Reksa Dana Bisa Jadi Solusi
Head of Advisory & Investment Connoisseur Moduit, Manuel Adhy Purwanto
A A A
JAKARTA - Setiap orang tua pasti menginginkan masa depan anaknya terjamin melalui pendidikan yang terbaik. Namun untuk mewujudkan harapan tersebut tidaklah mudah. Butuh waktu yang panjang bagi seorang anak dalam menempuh pendidikan yang mumpuni untuk menggapai cita-cita dan impiannya. Sebagai konsekuensinya, biaya yang dibutuhkan tentu juga tak sedikit.

Selain membutuhkan dana yang tidak sedikit, biaya pendidikan juga mengalami peningkatan di tiap tahunnya. Sebagai gambaran, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) kelompok pendidikan pada bulan Juni 2022 naik sebesar 1,68% ke 109,62 pada bulan Juni dari tahun sebelumnya. Adapun pendidikan menengah dan pendidikan tinggi menunjukkan inflasi tahunan terbesar mencapai 2,30% pada bulan Juni 2022.

(Baca juga:Investor Reksa Dana Meningkat 39%)

Melihat kenyataan semakin tingginya dana pendidikan ke depan, ada baiknya para orang tua mulai berpikir tentang cara menabung yang tepat untuk pendidikan anak. Terlebih tidak semua orang tua memiliki karier yang cemerlang, serta penghasilan yang terus meningkat.

Menurut Head of Advisory & Investment Connoisseur Moduit, Manuel Adhy Purwanto, menabung sebagai investasi pendidikan anak akan lebih baik jika dilakukan sedini mungkin. “Investasi untuk tujuan pendidikan anak lebih awal akan lebih baik & tidak bisa hanya ditabung karena tabungan kita akan kalah dengan kenaikan biaya pendidikan tahunan,” ujar Manuel dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/8/2022).

Menyadari bahwa banyak sekali kebutuhan lain yang harus dipenuhi setiap bulan oleh setiap keluarga, tentu saja perlu tips khusus untuk bisa memenuhi investasi di jangka menengah dan panjang untuk pendidikan anak. Kuncinya, menurut Manuel adalah kesabaran, konsistensi dan money management.

(Baca juga:Berburu Cuan di Reksa Dana)

Pilihan instrumen investasi yang sesuai tentu saja sangat menentukan kesuksesan dalam memenuhi kebutuhan masa depan pendidikan anak. Agar tak tergerus inflasi, para orang tua harus bisa mengalokasikan kekayaannya pada produk investasi yang memberikan imbal hasil atau return lebih tinggi dibandingkan laju inflasi.

Pilihan investasi yang menjaga nilai kekayaan nasabah tersebut di antaranya, menurut Manuel, adalah dengan berinvestasi di reksa dana . Dengan dana awal sebesar Rp10 juta dan rutin menanamkan investasi Rp1 juta dengan asumsi hasil reksa dana saham 14% per tahun. Setelah 17 tahun, nasabah berpotensi memperoleh hasil hampir Rp1 miliar.

Selain reksa dana saham, masyarakat bisa memilih sejumlah produk investasi melalui platform Moduit, di antaranya reksa dana pendapatan tetap untuk orang yang memiliki toleransi risiko cenderung moderat dengan tujuan investasi jangka menengah-panjang, juga reksa dana berbasis pasar uang bagi mereka yang cenderung konservatif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)