Pemerintah Diminta Aktif Susun Strategi Cegah Pertambangan Tanpa Izin

Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:54 WIB
loading...
A A A
Belum lama ini, Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Ditjen Minerba Kementerian ESDM Sunindyo Suryo Herdadi mengatakan, PETI terus menjadi perhatian pemerintah. Dia mengatakan, diperlukan upaya bersama dan dukungan seluruh pihak untuk menangani isu PETI beserta dampak yang ditimbulkannya.

PETI juga menjadi perhatian para pelaku industri tambang nasional. Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) bahkan menyebutkan bahwa para pelaku usaha tambang batu bara tidak pernah berhenti melaporkan kegiatan ilegal mereka kepada pemerintah. APBI pun mendukung penuh segenap upaya yang dilakukan Pemerintah untuk mengatasi maraknya aktivitas PETI.

Direktur Eksekutif APBI Hendra Sinadia mengatakan, sejak isu PETI merebak lebih dari 10 tahun lalu, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah menyampaikan data-data dan memfasilitasi upaya penegakan hukum untuk memberantas aktivitas ilegal tersebut.

"Masing-masing perusahaan tentu punya upaya-upaya internal untuk meminimalkan dampak PETI dan juga melakukan koordinasi dengan aparat penegakan hukum," tandasnya.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)