Ekonomi Tumbuh 5,44%, Indonesia Tak Masuk Jurang Resesi

Rabu, 10 Agustus 2022 - 18:45 WIB
loading...
Ekonomi Tumbuh 5,44%, Indonesia Tak Masuk Jurang Resesi
Indonesia belum masuk ke dalam jurang resesi ekonomi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Melihat pertumbuhan ekonomi kuartal II sebesar 5,44%, Indonesia disebut belum dikategorikan masuk resesi ekonomi . Selain itu, indikator ekonomi lainnya juga masih lebih baik dibanding sejumlah krisis yang pernah terjadi.



"Beberapa indikator ketahanan ekonomi Indonesia jauh lebih baik dari krisis subprime 2008 dan taper tantrum 2013, misalnya cadangan devisa cukup gemuk, yakni USD132,2 miliar per akhir Juli 2022," ungkap ekonom sekaligus Direktur CELIOS Bhima Yudhistira kepada MNC Portal Indonesia di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Ketahanan eksternal ditopang oleh windfall harga komoditas yang membantu rupiah tidak terkoreksi sedalam negara peers (sebanding). Tapi, dia mencatat indikator ketahanan tadi bisa dalam waktu cepat berubah, contohnya ketergantungan terhadap harga komoditas tentu cukup berisiko.

"Sekarang harga CPO di pasar internasional anjlok 8,68% dalam setahun terakhir menjadi 3.899 RM/ton (data per 5 Agustus 2022), kemudian nikel juga mulai alami terkoreksi dalam sebulan terakhir 1,97%. Artinya, menggantungkan ketahanan eksternal dengan fluktuasi harga komoditas sama dengan naik roller coaster tanpa sabuk pengaman," tambah Bhima.

Sekali harga komoditas anjlok, hilang pendapatan, devisa dan pertahanan ekonomi langsung melemah. "Sudah terlihat petani sawit sampai jual TBS-nya ke Malaysia karena harga di dalam negeri anjlok. Bagi pekerja tentu imbasnya biaya hidup semakin mahal, sementara upah hanya naik rata-rata 1%, mau cicilan motor dan rumah juga semakin mahal karena suku bunga otomatis naik," ucapnya.

Selain itu, banyak tekanan yang disebut sebagai cost of living crisis atau krisis biaya hidup. Dalam jangka panjang, pekerja rentan bisa jatuh ke bawah garis kemiskinan meskipun seolah tetap aktif bekerja.

"Soal pangan Indonesia sebenarnya juga rapuh menurut data Global Food Security Index 2021, Indonesia berada di posisi 69 dunia tertinggal dibanding negara tetangga ASEAN seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia. Ada masalah serius soal keterjangkauan pangan bagi kelompok rentan," katanya.

Yang harus diantisipasi dari efek resesi global, sambung Bhima, adalah pelemahan nilai tukar rupiah, perlu direspons dengan kenaikan suku bunga acuan hingga 100 basis poin sampai akhir tahun. Bauran kebijakan moneter dan fiskal sangat mendesak dilakukan, Bank Indonesia (BI) bisa dorong pengusaha ekspor lakukan konversi DHE ke rupiah dan gunakan local currency settlement untuk lakukan ekspor. Kemudian disarankan melakukan stress test secara berkala terhadap lembaga pembiayaan, asuransi, dan bank dalam konteks tekanan capital outflow dan tekanan likuiditas cukup ekstrem.



"Pemerintah tentunya harus jaga harga energi, daya beli masyarakat dan tetap memberikan perlindungan sosial sama besarnya dengan masa pandemi," pungkas Bhima.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2653 seconds (0.1#10.140)