Perbandingan Utang Indonesia ke China dan Singapura, Lebih Besar Mana?

Rabu, 10 Agustus 2022 - 18:43 WIB
loading...
Perbandingan Utang Indonesia ke China dan Singapura, Lebih Besar Mana?
China merupakan salah satu negara maju di dunia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - China merupakan salah satu negara maju di dunia . Dalam berbagai kebijakan yang dibuatnya, Beijing dikenal sebagai ‘negara dermawan’ yang suka memberikan pinjaman kepada negara lain.

Sebagai kreditur resmi terbesar di dunia, China tidak segan untuk memberikan pinjaman dengan besaran tertentu kepada negara-negara yang menginginkannya. Dalam hal ini, Indonesia sendiri juga memiliki hutang ke Negeri Tirai Bambu.

Baca juga : Negara-negara Ini Disebut-sebut Jadi Korban Jebakan Utang China

Dengan statusnya tersebut, sebagian orang mungkin mengira bahwa China adalah pemberi pinjaman terbesar ke Indonesia. Faktanya, anggapan tersebut ternyata kurang tepat.

Jika melihat perbandingan utang Indonesia ke negara-negara lain, China bukanlah pemberi pinjaman terbesar. Dalam hal ini, justru Singapura yang berstatus sebagai pemberi pinjaman terbesar ke Indonesia.

Bersumber pada laporan Statistik Utang Luar Negeri Indonesia Juli 2022, berikut perbandingan utang Indonesia ke China dan Singapura berdasarkan Posisi Utang Luar Negeri Menurut Kreditor.

1. China

Pada Maret 2022, pinjaman China ke Indonesia mencapai USD 22,19 miliar atau sekitar Rp330 Triliun. Angka tersebut mengalami penurunan pada April 2022 sehingga menjadi USD 21,97 miliar.

Sedangkan pada Mei 2022, utang Indonesia ke China berkisar antara USD 21,77 miliar atau sekitar Rp 324 triliun. Jika melihat grafik antara bulan Maret, April, hingga Mei 2022, terdapat penurunan angka utang Indonesia ke China.

Baca juga : Terjebak Utang China, Sri Lanka Pinjam ke IMF dan Bank Dunia
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1795 seconds (11.97#12.26)