Peran Krusial UMKM, Serap 97% Tenaga Kerja dan Sumbang 61,97% ke PDB

Kamis, 11 Agustus 2022 - 12:03 WIB
loading...
Peran Krusial UMKM, Serap 97% Tenaga Kerja dan Sumbang 61,97% ke PDB
Peran UMKM sangat vital dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional melalui kontribusinya terhadap PDB, maupun penyerapan tenaga kerja. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Peran UMKM (Usaha mikro, kecil, dan menengah) sangat vital dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional melalui kontribusinya. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) mencatat kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,97%.

"Hingga saat ini berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM jumlah sektor bisnis UMKM di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 64,19 juta dengan partisipasi terhadap produk domestik bruto sebesar 61,97%," kata Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM, Siti Azizah dalam Media Briefing Google: Hari UMKM Nasional 2022, Kamis (11/8/2022).



Dalam memperingati Hari UMKM Nasional 2022, ditekankan Kementerian Koperasi dan UKM menjalankan misi sesuai Peraturan Presiden No.96 Tahun 2020 untuk membantu Presiden dalam merumuskan, koordinasi, mengelola, mengawas dan menyelenggarakan program-program yang dapat meningkatkan daya kreatifitas sektor bisnis usaha UMKM di Indonesia.

Siti Azizah mengatakan, untuk mewujudkan visi-misi tersebut pihaknya jelas tidak melakukan sendiri, kemitraan dan kolaborasi sangat dibutuhkan demi membentuk ekosistem UMKM agar terwujud Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, berkepribadian berdasarkan gotong royong.

Menurut Siti, sektor bisnis UMKM memiliki peranan penting terhadap perbaikan ekonomi Indonesia. Terlihat dengan kemampuannya menyerap 97% Tenaga Kerja dan mengintegrasikan investasi sebesar 60,4%.

"Untuk membantu para UMKM di Indonesia terutama saat pemulihan pasca pandemic dibutuhkan kolaborasi banyak pihak, bersama Google dan para Mitra lainnya kami terus membantu UMKM di Indonesia untuk terus berkembang dan menggunakan teknologi digital untuk bangkit dan maju kembali," jelas Siti.



Melalui inisiatif kolaborasi bersama Google, Kemenkop UKM berupaya untuk memberikan pendampingan kepada pelaku koperasi UMKM dan wirausaha melalui program #BerubahDigital di 10 provinsi di Indonesia agar menemukan di dalam negeri dan Asia Tenggara.

"Kementerian Koperasi dan UKM berkomitmen untuk membantu lebih banyak UMKM tumbuh digital dengan memperkuat perwujudan wirausaha yang adaptif, inovatif dan berkelanjutan," kata Siti.

Kemenkop UKM berharap, melalui kegiatan seperti Grow with Google dapat mempercepat pemulihan ekonomi dan menjadi awal dari kolaborasi berkelanjutan agar segera memenuhi target digitalisasi 30 juta UMKM di Indonesia.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)