Jalankan Hilirisasi Tambang, CLM Komitmen Terapkan Good Mining Practice

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 13:30 WIB
loading...
Jalankan Hilirisasi Tambang, CLM Komitmen Terapkan Good Mining Practice
Direktur Utama PT CLM Helmut Hermawan (kanan). FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - PT. Citra Lampia Mandiri (CLM) berkolaborasi dengan PT. Indo Nickel Industri (PT. INI) membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) di dekat wilayah tambang di Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Hal tersebut guna mendukung program hilirisasi yang dijalankan pemerintah.

"Hal ini selaras dengan program pemerintah dalam meningkatkan kualitas ekspor hasil tambang," kata Direktur Utama CLM Helmut Hermawan melalui pernyataannya, Jumat (19/8/2022).



Menurut dia dalam membangun industri tambang tersebut diterapkan kegiatan pertambangan dengan baik dan benar (good mining practice). Di antaranya, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pertambangan, keselamatan operasi pertambangan, pengelolaan dan pemantauan lingkungan pertambangan, termasuk reklamasi dan pascatambang.

Di sisi lain, guna mneingkatkan kinerja, pihaknya melakukan integrasi rantai pasokan nikel untuk memastikan keandalan dan efisiensi serta membangun hubungan yang kuat dengan rekan bisnis dan mengedepankan keterlibatan sekitar area tambang.

Tak hanya itu, Helmut juga menjaga etika pertambangan dengan tetap melestarikan lingkungan dan melaksanakan program sosial di sekitar wilayah tambang. "Kami fokus mendukung kompetensi karyawan, pemberdayaan masyarakat lokal, serta berkomitmen dalam menjaga lingkungan," kata dia.



Sebagai informasi, dood mining practice bukan semata-mata menata tambang menjadi rapi, melainkan juga mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), keselamatan operasi (KO) dan lingkungan, serta sustainable mining dengan melakukan konservasi terhadap sumber daya pertambangan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)