Rekind Dukung Peningkatan Kualitas UMKM Saat Pandemi

Selasa, 30 Juni 2020 - 18:49 WIB
loading...
Rekind Dukung Peningkatan Kualitas UMKM Saat Pandemi
PT Rekayasa Industri (Rekind) berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Rekayasa Industri (Rekind) berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Sejumlah kegiatan dilakukan Perusahaan EPCC (Engineering, Procurement, Construction, Commisioning) nasional ini untuk bisa membantu dan membangkitkan peran pengusaha kecil menengah.

Di mata Rekind, UMKM memiliki peran sentral dalam perputaran roda ekonomi Indonesia. Kontribusinya terhadap perekonomian diperkiraan hingga mencapai 75%. Berangkat dari kekuatan tersebut, Rekind yang merupakan Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (PI) memperkuat sinergi dengan mitra-mitra binaannya, terlebih saat corona merebak dan 'memporakporandakan' pendapatan banyak pelaku usaha.

( )

Salah satu bentuk kekuatan sinergi itu tergambar ketika Rekind menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberian bantuan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD), pemenuhan portable hand wash dan pembagian masker bagi masyarakat, petugas medis di sejumlah wilayah. Untuk diketahui, kelengkapan bantuan ini diproduksi langsung oleh sejumlah mitra binaan Rekind, sebagai bentuk gambaran sinergi yang solid antar keduanya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Rekind selaku perusahaan BUMN kepada pemerintah atas upayanya memutus penyebaran dan mempertahankan laju roda perekonomian bangsa, di tengah pandemi Covid-19.

"Selain berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan membantu masyarakat, inisiasi program ini diharapkan mampu meringankan beban yang dihadapi mitra binaan Rekind. Semoga semangat usahanya terus bangkit dan mampu menjadi pahlawan ekonomi dari sektor UMKM," terang Direktur Utama Rekind, Yanuar Budinorman.

( )

Langkah ini penting, karena lanjut Yanuar, pelaku UMKM dikenal punya mental baja dan tahan banting dalam menggeluti usaha. Bahkan, di tengah kelesuan perekonomian dan kehati-hatian pengusaha asing, tidak tertutup kemungkinan UMKM menjadi garda terdepan dalam pemenuhuan kebutuhan masyarakat di dalam negeri. "Ini saatnya mereka bangkit dan menjadi pahlawan bangsa dari sektor ekonomi. Atas dasar ini Rekind terus berupaya menopang dan mempererat sinergi tadi, " tandasnya.

Rekind menggandeng pengusaha konveksi untuk bisa mewujudkan kelangkaan pakaian APD yang sebelumnya sulit diperoleh. Melalui kerjasama, bimbingan dan dukungannya, mitra binaan Rekind mampu membuat pakaian APD berkualitas, sesuai dengan standar WHO dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Dan yang membanggakan, mitra ini mampu menggandeng 50 tenaga kerja dalam memenuhi besarnya permintaan pasar.

"Alhamdulillah berkat dukungan yang diberikan Rekind, kami kebanjiran order, baik itu dari kalangan rumah sakit, partai hingga sejumlah perusahaan BUMN. Semoga dukungan ini akan terus membangkitkan semangat kami untuk tetap berjuang guna ikut serta menggerakkan roda perekonomian bangsa," ujar Sutisna pemilik konveksi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)