Kenaikan Harga BBM Tidak Mendesak, Pengamat Ingatkan Janji Jokowi ke Rakyat

Rabu, 24 Agustus 2022 - 12:22 WIB
loading...
Kenaikan Harga BBM Tidak Mendesak, Pengamat Ingatkan Janji Jokowi ke Rakyat
Kenaikan harga BBM subsidi dalam waktu dekat dinilai tidak mendesak. Foto/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Rencana pemerintah untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan solar subsidi pada pekan ini menuai pro-kontra.

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi menilai, tidak ada urgensinya pemerintah menaikkan harga Pertalite dan solar pekan ini.

Pasalnya, kenaikan harga Pertalite menjadi Rp10.000 dan solar menjadi Rp8.500 sudah pasti akan menyulut kenaikan harga-harga alias inflasi.

Menurut dia, kontribusi inflasi kenaikan harga pertalite diperkirakan sebesar 0,93%, sedangkan kenaikkan harga solar diperkirakan sebesar 1,04%. Sehingga, sumbangan inflasi kenaikan pertalite dan solar diperkirakan bisa mencapai 1,97%.

"Padahal inflasi pada Juli 2022 sudah mencapai 5,2% year on year (YoY), sehingga total inflasi akan mencapai 7,17% YoY. Bandingkan dengan inflasi pada 2021 hanya pada kisaran 3% YoY,” beber Fahmy kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Rabu (24/8/2022).



Dengan inflasi sebesar 7,17% akan memperburuk daya beli dan konsumsi masyarakat sehingga menurunkan pertumbuhan ekonomi yang dicapai dengan susah payah sebesar 5,4%.

Inflasi sebesar itu juga akan mengerek harga-harga kebutuhan pokok yang memperberat beban rakyat, terutama rakyat miskin.

Fahmy berujar, rakyat miskin yang tidak pernah menikmati subsidi BBM lantaran tidak punya kendaraan bermotor juga harus berkorban akibat kenaikan harga BBM subsidi.

Padahal, kata dia, dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan opsi kebijakan yang akan dipilih terkait subsidi BBM adalah tidak memberatkan beban rakyat miskin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)