Bertemu Jokowi, Raja Eswatini Akan Impor Produk Kosmetik Indonesia

Rabu, 24 Agustus 2022 - 13:56 WIB
loading...
Bertemu Jokowi, Raja Eswatini Akan Impor Produk Kosmetik Indonesia
Presiden Jokowi saat berbincang dengan pemimpin Eswatini, Raja Mswati III. Foto/BiroSetpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menerima kunjungan pemimpin Eswatini, Raja Mswati III, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 24 Agustus 2022. Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin membahas upaya peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara.



"Kunjungan ini sebenarnya gabungan antara kunjungan dalam rangka wisata (holiday) tetapi juga digunakan oleh Raja Eswatini untuk melakukan pertemuan dengan Bapak Presiden dan membahas upaya untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara, khususnya di bidang ekonomi," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya, Rabu (24/8/2022).

Menlu Retno menjelaskan bahwa satu hal yang sudah ada kemajuan dari pertemuan terakhir kedua pemimpin pada 2019 sampai sekarang adalah sudah adanya perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang wellness spa yang berada di Eswatini. Menurut Menlu, hal tersebut merupakan pembuka awal dari berbagai kerja sama lainnya.

"Di dalam pertemuan tadi Raja Eswatini mengatakan, dari perusahaan wellness yang berada di Eswatini rencananya akan mengimpor produk kosmetik Indonesia," jelasnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berbicara mengenai hubungan swasta dan BUMN kedua negara dapat didekatkan lebih dekat lagi. Menurut rencana, ujar Menlu, kedua negara akan menandatangani kerja sama penguatan hubungan bilateral, terutama di bidang ekonomi.

"Kami dua menteri luar negeri ditugaskan untuk mempersiapkan dokumen tersebut," kata Retno.

"Jadi walaupun pembicaraannya singkat, namun pembicaraan fokus pada upaya untuk peningkatan kerja sama ekonomi, termasuk di dalam bidang infrastruktur, energi, pariwisata, dan juga dari aspek kesehatan," imbuhnya.

Untuk diketahui, kunjungan Raja Mswati III ke Indonesia ini bukan kunjungan yang pertama kalinya. Sebelumnya Raja Mswati III pernah mengunjungi Indonesia pada tahun 2002, 2003, 2007, 2008, 2015, dan 2019.



Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara Raja Mswati III didampingi oleh Menteri Luar Negeri Eswatini Thulisile Dladla.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)