7 Perusahaan Chip Semikonduktor Terbesar di Dunia

Rabu, 24 Agustus 2022 - 15:44 WIB
loading...
7 Perusahaan Chip Semikonduktor Terbesar di Dunia
Tujuh perusahaan chip semikonduktor terbesar di dunia. FOTO/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Tujuh perusahaan chip semikonduktor terbesar di dunia. Semikonduktor merupakan sebuah bahan dengan padatan kristal yang berada dalam konduktivitas listrik antara konduktor dan isolator.

Semikonduktor biasa digunakan untuk pembuatan berbagai jenis perangkat eletronik seperti diode, transitor dan sirkuit terpadu. Di zaman digital ini muncul aneka ragam perangkat elektronik berupa handphone sehingga produsen semikonduktor terus berkembang.

Saham industri semikonduktor dan pembuat chip terus bertumbuh utamanya untuk mendukung perkembangan teknologi. Berikut tujuh perusahaan semikonduktor terbesar di dunia.

1. Instrumen Texas
Texas instrument merupakan salah satu produsen chip terbesar di dunia yang memproduksi dan mendesain chip untuk perangat seluler, semikonduktor analog, dan prosesor sinyal digital. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1930 dalam bisnis minyakdan gas.

Lalu perusahaan ini mulai membuat semikonduktor pada tahun 1958 dan saat in memiliki paten yang berjumlah puluhan ribu. Tahun 1967 Texas Instrumen mengeluarkan mikrokontroler chiptunggal yang menggabungkan semua elemen komputasi menjadi satu bagian.

Lalu tahun 1990 TI merilis kalkulator TI-81. Produk ini adalah salah satu yang paling terkenal dan membuat perusahaan ini menjadi pemimpin dalam grafik. Tahun 2016 perusahaan ini memegang sekitar 45.000 paten dan memiliki pendapatan USD18,34 miliar akhir 2021.

2. Nvidia Corp
Perusahaan ini didirikan April 1993 oleh Jensen Huang, Curtis Priem, dan Chris Malachowsky. Perusahaan ini dikenal dengan kartu grafis videonya dan dianggap high-end dan terkenal dikalangan seniman digital dan gamer. Perusahaan ini memiliki pendapatan USD16,68 miliar pada tahun 2021.

Perusahaan amerika ini merancang antarmuka pemrogaman aplikasi (API), unit pemrosesan grafis, dan sistem pada chip (SoC) untuk pasar otomotif dan seluler. Nvdia ini juga membuat perangkat lunak dan perangkat keras kecerdasan buatan, juga sudah berkembang ke industry game. Beberapa tahun terakhir, perusahaan ini membuat prosesor mobile untuk tablet dan smartphone.

3. Broadcom Inc.
Broadcom Inc merupakan perusahaan di Amerika yang memproduksi dan mendesain berbagai macam semikonduktor dan perangkat lunak.

Dari semua perusahaan semikonduktor, Broadcom Inc mempunyai sejarah sejarah yang unik. Perusahaan ini didirikan ole sepasang mahasiswa dan professor bernama Henry Nicholas dan Henry Samuel dan UCLA yang memulai perusahaan pada tahun 1991.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)