Rieke Diah Pitaloka Bingung: Ketika Harga Minyak Dunia Turun, Harga BBM Enggak Turun

Kamis, 25 Agustus 2022 - 09:52 WIB
loading...
Rieke Diah Pitaloka Bingung: Ketika Harga Minyak Dunia Turun, Harga BBM Enggak Turun
Rieke Diah Pitaloka mempertanyakan alasan kenaikan harga BBM subsidi. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR, Rieke Diah Pitaloka , keberatan dengan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Dia mempertanyakan alasan pemerintah membuka peluang kenaikan harga BBM karena tingginya harga acuan minyak dunia.



"Alasannya dari tahun ke tahun sama saja, karena minyak dunia naik. Tapi ketika harga minyak dunia turun, kok harga BBM enggak turun ya, Pak?" kata Rieke dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi VI DPR bersama Menteri BUMN di Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Dia meminta penjelasan kepada Menteri BUMN Erick Thohir terkait perhitungan kenaikan harga BBM dan utang-utang pemerintah kepada PT Pertamina (Persero) serta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk subsidi dan kompensasi energi. Dia juga mendorong Kementerian BUMN untuk membuka data siapa saja penerima BBM bersubsidi tersebut.

Politikus PDIP itu menyarankan pemerintah untuk lebih dahulu memperbaiki data penerima BBM bersubsidi sebelum mengambil kebijakan tentang kenaikan harga. Ia mengatakan seharusnya pemerintah berfokus menyalurkan BBM bersubsidi kepada penerima yang tepat sasaran, alih-alih langsung menaikkan harga BBM subsidi.



"Jadi data penerima subsidi harus akurat dan tepat sasaran. Ketika data subsidi BBM belum transparan disampaikan dan subsidi BBM dari APBN naik terus, saya menolak kenaikan harga BBM," ucap Rieke.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)