3 Opsi Soal Kenaikan BBM, Wapres: Subsidi Ditambah Membahayakan APBN

Kamis, 25 Agustus 2022 - 18:22 WIB
loading...
3 Opsi Soal Kenaikan BBM, Wapres: Subsidi Ditambah Membahayakan APBN
Wapres Ma’ruf Amin meminta masyarakat untuk bersabar terkait jadi atau tidaknya soal kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yakni Pertalite dan Solar naik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta masyarakat untuk bersabar terkait jadi atau tidaknya soal kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yakni Pertalite dan Solar naik. Wapres menegaskan pemerintah saat ini tengah mencari solusi yang tepat untuk hal ini.

“Tunggu saja, mudah-mudahan nanti ada solusi buat masyarakat, buat pemerintah, buat bangsa dan negara,” tegasnya di tengah kunjungan kerja di Kampar, Riau, Kamis (25/8/2022).



Wapres juga mengungkapkan kenaikan harga BBM secara global juga menambah subsidi yang disiapkan pemerintah. “Memang akibat dari kenaikan BBM (global) ini membawa dampak pada menambah besarnya subsidi yang sudah disiapkan,” katanya.

Apalagi, subsidi yang disiapkan pemerintah sebelum terjadi kenaikan harga BBM global. “Waktu disiapkan dengan harga ini, tapi dengan harga yang akan datang ini akan trus naik. Sekarang sudah naik, yang akan datang juga akan naik,” kata Wapres.

Oleh karena itu, kata Wapres, pemerintah sedang mencari solusi agar subsidi tetap berkelanjutan di tengah kenaikan harga BBM global. Namun dengan pertimbangan tidak akan mengganggu APBN.

“Bagaimana supaya subsidi ini berkelanjutan? Kalau ini harus ditambah lagi, ini akan mengganggu APBN tentu, akan mengganggu anggaran belanja,” paparnya.



Sehingga, Wapres mengatakan bakal ada opsi apakah akan menaikkan harga BBM subsidi, membatasi BBM subsidi, ataupun menambahn subsidinya.

“Sekarang ini memang ada beberapa opsi sedang dipikirkan, apakah menaikkan harga, apakah membatasi, atau menambah subsidinya. Ini opsinya begini. Subsidi ditambah, kalau ini membahayakan APBN," ungkapnya.

"Apakah dinaikkan atau tidak dinaikkan tapi dibatasi penggunaannya. Ini opsi-opsi yang sekarang lagi dibicarakan oleh pemerintah,” tambah Wapres.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)