BLT Gaji Rp600.000 Bakal Cair Minggu Depan, Ini Cara Mengeceknya

Senin, 29 Agustus 2022 - 17:33 WIB
loading...
BLT Gaji Rp600.000 Bakal Cair Minggu Depan, Ini Cara Mengeceknya
Sri Mulyani mengatakan BLT gaji akan segera cair. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa subsidi upah alias bantuan langsung tunai (BLT) gaji akan kembali cair. Anggaran kebijakan ini masuk ke dalam bantuan sosial tambahan senilai Rp24,17 triliun yang akan dirilis pemerintah minggu ini.

Baca juga: Harga BBM Subsidi Akan Naik, Pekerja Bergaji Rp3,5 Juta ke Bawah Dapat BLT Rp600 Ribu

Bendahara negara itu menjelaskan BLT bakal cair untuk 16 juta pekerja di Indonesia dengan gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan.

"Pak Presiden instruksikan juga untuk membantu 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Senin (29/8/2022).

Sri Mulyani meminta Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah menerbitkan petunjuk teknis (juknis) seputar BLT gaji tersebut.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengeluarkan aturan petunjuk teknis alias juknis soal pencairan BLT gaji kepada belasan juta pekerja. Paling cepat minggu depan bantuan ini akan disalurkan.

"Ini nanti Bu Menaker akan menerbitkan juknisnya sehingga bisa dilakukan pembayaran kepada pekerja tersebut," ungkap Sri Mulyani.

Dia menyebut bansos tambahan ini, termasuk subsidi upah diberikan untuk menahan dampak kenaikan harga. "Ini diharapkan kurangi tekanan ke masyarakat dan kurangi kemiskinan. Lalu, kita bisa berikan dukungan kepada masyarakat yang memang hari-hari ini dihadapi tekanan kenaikan harga," kata Sri Mulyani.

BLT gaji atau subsidi upah kali ini diberikan Rp600 ribu per orang dengan total anggaran Rp9,6 triliun. "Bantuan sebesar Rp600 ribu akan diberikan kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimal Rp3,5 juta. Dengan anggaran 9,6 triliun," ujar Sri Mulyani.

Sementara itu, pekerja bisa mengecek status masing-masing untuk mengetahui masuk atau tidaknya sebagai salah satu penerima BLT gaji tersebut. Untuk mengecek penerima BSU 2022, pekerja bisa mengakses link kemnaker.go.id secara online lewat HP atau komputer.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1557 seconds (10.101#12.26)