Bandara Halim Perdanakusuma Beroperasi Kembali 1 September 2022

Selasa, 30 Agustus 2022 - 20:35 WIB
loading...
Bandara Halim Perdanakusuma Beroperasi Kembali 1 September 2022
Ilustrasi calon penumpang pesawat. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bandara Halim Perdanakusuma siap kembali melayani penerbangan komersial mulai 1 September 2022. Pembukaan kembali bandara tersebut setelah proses revitalisasi sejak Maret 2022.

"Kami telah melakukan proses verifikasi terhadap fasilitas di gedung terminal dan telah ditindaklanjuti oleh AP II," ujar Plt. Dirjen Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono melalui pernyataan resmi, Selasa (30/8/2022).



Dia meminta Angkasa Pura II selaku Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Bandara Halim Perdanakusuma agar mempersiapkan dengan baik seluruh fasilitas penunjang operasional penerbangan komersial di bandara tersebut.

Pengoperasian kembali Bandara Halim Perdanakusuma diyakini akan meningkatkan konektivitas dan meningkatkan utilitas armada sehingga dapat berkontribusi terhadap upaya pemberlakuan tarif yang lebih terjangkau.

Selain itu, Nur Isnin juga meminta agar AP II melakukan koordinasi penuh dengan TNI AU dan stakeholder lainnya, untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan serta pemenuhan terhadap seluruh regulasi terpenuhi.

"Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno-Hatta yang juga dikelola oleh AP II dapat saling mendukung dalam memberikan layanan penerbangan bagi masyarakat, guna berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi ini dan juga menjadi pendorong utama pertumbuhan sektor penerbangan nasional," ujarnya.



Kementerian Perhubungan juga mengingatkan kepada AP II agar pengaturan rute penerbangan dapat disesuaikan kembali, terutama beberapa rute yang dialihkan ke bandara lain.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung penuh hingga Bandara Halim siap dioperasikan kembali, terutama kepada TNI AU dan Kementerian Pertahanan. Juga apresiasi kepada Angkasa Transportindo Selaras sebagai pengelola pemanfaatan aset lahan dan AP II sebagai pengelola bandar udara, yang telah mencapai solusi terkait aspek bisnis/komersial," ucapnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2871 seconds (0.1#10.140)