Produksi Tak Mencukupi, 4 Komoditas Pangan Ini Masih Mengandalkan Impor

Rabu, 31 Agustus 2022 - 14:42 WIB
loading...
Produksi Tak Mencukupi, 4 Komoditas Pangan Ini Masih Mengandalkan Impor
Indonesia masih tergantung dari impor untuk memenuhi kebutuhan akan sejumlah komoditas pangan, di antaranya kedelai. ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj
A A A
JAKARTA - Indonesia masih belum bisa lepas dari ketergantungan impor . Di sektor pangan, setidaknya ada empat komoditas pangan yang masih mengandalkan pasokan dari luar negeri alias impor untuk pemenuhan kebutuhan di dalam negeri.

"Berdasarkan neraca yang dimiliki oleh Badan Pangan Nasional, ada empat komoditas yang pemenuhannya memang harus didatangkan sebagian dari luar negeri," ungkap Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Pangan Nasional Rachmi Widiriani dalam program Market Review di IDX Channel, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Jokowi: Sangat Lucu dan Bodoh, Kalau Uang Negara Dibelanjakan Produk Impor

Dia membeberkan empat komoditas tersebut di antaranya adalah kedelai, bawang putih, daging sapi serta gula konsumsi.

"Kedelai memang saat ini kebutuhan bulanannya itu sekitar 250.000 ton per bulan tapi kemampuan produksi dalam negeri hanya sekitar 200.000 ton per tahun, sehingga memang sebagian besar masih didatangkan dari luar negeri, demikian juga bawang putih," terang Rachmi.

Baca juga: Gurih! Selama 4 Bulan Pemerintah Subsidi Pembelian Kedelai untuk Perajin Tahu Tempe

Sementara untuk kebutuhan daging sapi diperkirakan sekitar 706.000 ton. Sedangkan untuk kebutuhan gula konsumsi sekitar 3,2 juta ton. "Jadi ada sebagian yang harus kita datangkan agar ketersediaan di dalam negeri tercukupi," tukasnya.



Menurut dia, komoditas lain selain dari empat komoditas tadi masih cukup dapat dipenuhi oleh produksi dalam negeri, sehingga masih dalam kategori aman. "Yang lain aman, dapat diproduksi, dipenuhi dari dalam negeri," tandasnya.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1797 seconds (11.210#12.26)