Inovasi GOTO Bisa Membuat Industri Kripto Lebih Membumi

Rabu, 31 Agustus 2022 - 16:10 WIB
loading...
Inovasi GOTO Bisa Membuat Industri Kripto Lebih Membumi
Akuisisi terhadap PT Kripto Maksima Koin (KMK) oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melalui PT Dompet Karya Anak Bangsa (DKAB) dinilai strategis dan bersifat jangka panjang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Akuisisi terhadap PT Kripto Maksima Koin (KMK) oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ( GOTO ) melalui PT Dompet Karya Anak Bangsa (DKAB) dinilai strategis dan bersifat jangka panjang. Aksi korporasi ini juga diyakini akan mendorong industri terkait semakin berkembang di Indonesia.



Chairwoman Asosiasi Blockchain Indonesia, Asih Karnengsih mengatakan, akusisi GOTO group terhadap KMK merupakan langkah bijak. ”Karena saat ini ada 25 crypto exchanger yang terdaftar di Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka). Sekarang Bappebti ini sudah tidak bisa mengizinkan ada perusahaan crypto exchanger baru. Jadi ini langkah tepat dari GOTO bila mau masuk industri,” ungkapnya kepada wartawan.

Cepat atau lambat, kata Asih, kehadiran GOTO akan membantu mendorong perbaikan dan kemajuan industri mata uang digital nasional. ”Saya juga melihat next step GOTO akan mengarah untuk mengembangkan industri finansial. Tentu saja dengan GOTO jadi player di industri maka Kripto bisa jadi lebih mainstream lagi,” yakinnya.

Sebab, lanjut Asih, GOTO memiliki kapabilitas sebagai sebuah perusahaan dan memiliki ekosistem bisnis digital yang kuat. ”Lebih dari capable untuk berinovasi lagi di dunia kripto. Bukan hanya perdagangan tapi bisa lebih lagi. Mereka bisa membuka kesempatan lebih besar lagi untuk berinovasi,” tegasnya.

Asih meyakini, masuknya GOTO ke dunia blockchain diartikan sebagai tekad untuk membangun sesuatu. ”Tidak hanya lihat valuasi dari Kripto tapi mereka melihat ekosistemnya,” terusnya.

Berbagai inovasi dan inisiatif yang akan dilakukan GOTO pasca akuisisi ini, diharapkan Asih, akan membantu proses sosialisasi dan edukasi dunia blockchain khususnya Kripto agar semakin membumi. ”Tapi saya rasa langkah akuisisi ini intensi sangat baik dari GOTO, bagaimana mereka masuk ke dunia Kripto lewat jalur tepat,” ucapnya.

Seperti diketahui, GOTO dalam keterbukaan informasi kepada publik mengumumkan pihaknya dan anak usaha perseroan yaitu DKAB mengambilalih atau akuisisi 100 persen saham PT Kripto Maksima Koin (KMK) pada 25 Agustus 2022.

Total saham yang diambilalih sebanyak 50.000 saham yang mewakili 100 persen kepemilikan dalam KMK atau Kripto Maksima. GoTo mengambilalih saham Kripto Maksima senilai Rp124,83 miliar.

“Tujuan transaksi (adalah) perluasan kegiatan usaha perseroan melalui anak perusahaan perseroan,” tulis Sekretaris Perusahaan GOTO R.A Koesomohadiani dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)