Menteri ESDM Minta Masyarakat Hemat Energi di Tengah Isu Kenaikan Harga BBM

Kamis, 01 September 2022 - 14:18 WIB
loading...
Menteri ESDM Minta Masyarakat Hemat Energi di Tengah Isu Kenaikan Harga BBM
Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengingatkan, agar masyarakat melakukan penghematan pemakaian energi di tengah rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengingatkan, agar masyarakat melakukan penghematan pemakaian energi di tengah rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM . Sementara itu terkait dengan penurunan Harga BBM non subsidi di antaranya Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex, Arifin pun mempertanyakan hal tersebut.

"Pertamax dan Dexlite itu kapan turunnya? Sekarang harga minyak dunia masih 100 (USD 100 per barel) dan beban pemerintah untuk APBN tertinggi untuk subsidi," kata Menteri ESDM , Arifin Tasrif dalam acara Parade Konversi sepeda motor BBM ke listrik di Central parkir ITDC, Nusa Dua, Bali, Kamis (1/9/2022).



Lebih lanjut Arifin Tasrif mengimbau masyarakat agar ke depannya dapat menghemat energi khususnya dalam hal pemakaian BBM. Pihaknya mendorong masyarakat dari sepeda motor BBM ke listrik.

"Makanya kita mengimbau masyarakat untuk hemat-hemat energi dulu," katanya.

Disinggung mengenai kenaikan harga BBM subsidi yakni Pertalite dan solar, Arifin enggan menjawab.

Sementara itu Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar belum mengalami perubahan pada Kamis, 1 September 2022. Sebelumnya, tersirat beredar kabar harga BBM dikabarkan bakal naik pada hari ini.

"Harga masih sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah," kata Irto kepada media, Kamis (1/9/2022).



Sebagaimana diketahui, sebelumnya isu tentang kenaikan harga BBM santer terdengar sehingga sempat menjadikan masyarakat di Kota Denpasar berbondong-bondong membeli BBM khususnya BBM bersubsidi pada Rabu (31/8/2022) lalu. Namun, pada Kamis (1/9/2022), PT Pertamina (Persero) resmi menurunkan harga BBM non subsidi seperti Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

Adapun harga Pertamax Turbo turun Rp 2.000/liter, lalu Dexlite turun Rp 700/liter, kemudian Pertamina Dex turun Rp 1.500/liter.

Wilayah Bali harga Pertamax Turbo Rp 15.900, Dexlite Rp 17.100 dan Pertamina Dex Rp 17.400. Sedangkan untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat harga Pertamax Turbo Rp 15.900, Dexlite Rp 17.100 dan Pertamina Dex Rp 17.400.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)