Gandeng Amazon dan Telkomsigma, Bank DKI Perkuat Layanan Digital

Rabu, 07 September 2022 - 17:44 WIB
loading...
Gandeng Amazon dan Telkomsigma, Bank DKI Perkuat Layanan Digital
Bank DKI terus perkuat layanan digitalnya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perkuat layanan digitalnya, Bank DKI melakukan kerja sama dengan PT Amazon Web Services Indonesia (AWS Indonesia) dan PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) terkait pemanfaatan teknologi komputasi awan atau cloud computing .

Baca juga: Beri Perlindungan Lebih, Akamai Hadirkan Teknologi Cloud Terbaru

“Di tengah perkembangan era digital, kami berupaya konsisten memberikan layanan perbankan digital yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi kepada nasabah. Kami melakukan percepatan proses transformasi digital Bank DKI dengan dukungan dari AWS Indonesia dan Telkomsigma,” kata Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, usai penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dikutip Rabu (7/9/2022).

Upaya digitalisasi Bank DKI akan didukung oleh AWS Indonesia melalui keberadaan solution architect serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) IT di Bank DKI untuk meningkatkan kemampuannya mengoperasikan layanan berbasis cloud computing. SDM IT Bank DKI akan mendapatkan sejumlah pelatihan dan enablement oleh Amazone Web Services dalam rangka peningkatan kapabilitas dan kompetensi mengenai komputasi awan.

Telkomsigma sebagai mitra lokal penyedia transformasi digital, dalam kerja sama ini sepakat untuk menguatkan perjalanan modernisasi dan digitalisasi Bank DKI melalui infrastruktur berbasis cloud yang sejalan dengan roadmap transformasi digital. Pada kerja sama berikut juga tertuang kesepakatan Telkomsigma untuk memanfaatkan produk dan layanan perbankan dari Bank DKI.

Amirul menambahkan, pemanfaatan cloud computing akan mendorong Bank DKI untuk terus berinovasi memberikan layanan yang berfokus pada kebutuhan nasabah dengan cepat dan adaptif mengikuti tren teknologi terkini. Cloud akan menjadi backbone dari infrastruktur masa depan.
"Untuk mewujudkan layanan perbankan digital dengan super app JakOne Mobile dan uang elektronik JakOne Pay untuk layanan transaksi digital yang cepat, aman, mudah dan andal,” ujar dia.

Direktur Business & Sales Telkomsigma Tanto Suratno mengatakan, kerja sama ini menegaskan komitmen pihaknya untuk terus hadir sebagai mitra digitalisasi bagi sektor perbankan melalui dukungan infrastruktur berbasis cloud.

“Kami wujudkan bagi Bank DKI dimulai dari layanan cloud IaaS, serta akan dikembangkan hingga cloud berbasis PaaS, dan SaaS,” tuturnya.

Sementara itu, Country Manager Amazon Web Services Indonesia Gunawan Susanto juga menyampaikan, secara plan pihaknya akan melakukan creating values. Kolaborasi ini menjadi wujud komitmen Amazon Web Services Indonesia untuk terus berkontribusi di Indonesia melalui capability yang dimiliki AWS Partner ecosystem untuk membangun cloud system.

Baca juga: Tarif Ojol Resmi Naik, Bayar Grab-Gojek Jadi Segini

“Khususnya di Bank DKI ini kami berharap akan memberikan benefit yang mendorong skalabilitas Bank DKI sehingga dapat melakukan modernisasi dalam bisnisnya,” ungkapnya.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3231 seconds (10.177#12.26)