Sambut Tren Bisnis Wisata dan Kuliner Usai Pandemi, Kampus Pacu Kewirausahaan

Kamis, 02 Juli 2020 - 15:05 WIB
loading...
Sambut Tren Bisnis Wisata dan Kuliner Usai Pandemi, Kampus Pacu Kewirausahaan
Universitas Prasetiya Mulya turut mendorong semangat kewirausahaan mahasiswa terutama di bidang pangan dan hospitality. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dibalik pandemi Covid-19 yang melemahkan perekonomian, selalu ada peluang dan pembelajaran yang bisa dipetik. Salah satunya kewirausahaan pangan atau kuliner yang menjamur selama pandemi.

Semangat kewirausahaan ini tentu diharapkan berkelanjutan karena sejatinya ada banyak peluang yang bisa digali seiring perubahan tren dan perilaku konsumen usai pandemi. Misalnya, peningkatan kesadaran masyarakat akan pola makan dengan gizi optimal, serta layanan pesan-antar yang kini menjadi arus utama industri kuliner.

Kampus sebagai tempat pembelajaran juga turut menggelorakan semangat kewirausahaan ini agar para mahasiswa siap berkreasi dan mencoba merintis bisnis di era kenormalan baru ini.

"Untuk itu perlu pemikiran strategis dan solusi pemecahan masalah yang kompleks dalam proses bisnisnya, baik dalam hal mencari peluang, inovasi produk, teknologi yang digunakan, cara mengkomunikasikan dengan target market, yang akhirnya perusahaan tetap berjalan sehat," kata Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya Agus W. Soehadi dalam keterangan yang diterima SINDOnews, Rabu (1/7/2020).

Menanggapi tren industri makanan ke depan, manajemen Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) lewat program S1 Food Business Technology menciptakan produk pangan baru yang sehat dan menggunakan teknologi terkini, namun tetap sesuai dengan selera masyarakat. "Dalam pencapaian menciptakan produk inovasi baru dalam pangan setiap mahasiswa ditanamkan rasa empati dan kreativitas," ungkapnya.

Agus menjelaskan, di tahap pengenalan mahasiswa menjalani sesi pengembangan kreativitas untuk ideation terkait peningkatan nilai tambah produk pangan. Selanjutnya, peserta didik juga diajarkan untuk memahami perilaku konsumen dan membuat respon berdasarkan riset pasar. (Baca juga : Sentra Susu Cipageran, Bukti Sukses Wirausaha Muda )

Pembelajaran langsung juga didapat melalui tatap muka dengan dosen tamu dari Nutrifood, Cimory, Sierad Produce, Ajinomoto, dan industri lainnya. Kegiatan guest lecture juga menjadi bagian dari factory visit, misalnya ke PT Yakult Indonesia Persada dan PT Krakatau Tirta Industri. Mahasiswa juga diberi pembekalan mengenai regulasi pangan terkini dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Sementara itu, selain pangan dan kuliner, pariwisata juga menjadi program unggulan lainnya. Meskipun saat ini sektor pariwisata masih bangkit dan tertatih imbas pandemi, ada secercah harapan untuk mengembangkan potensi daerah wisata melalui makanan dan minuman lokal.

"Rasa kangen atas makanan dan minuman lokal menjadi kesempatan bagi pelaku industri pariwisata untuk tetap bertahan walau terkena imbas pandemi," ucap Agus.

Oleh karena itu, lanjut dia, Universitas Prasetiya Mulya melalui program S1 Hospitality Business melihat potensi bisnis jasa yang dapat mengakomodir kerinduan para pelancong terhadap kekayaan budaya maupun kearifan lokal sebuah destinasi wisata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)