Transaksi Belanja Mudah Tanpa Tekor, Kenali Dulu Plus-Minus Paylater

Sabtu, 17 September 2022 - 11:55 WIB
loading...
Transaksi Belanja Mudah Tanpa Tekor, Kenali Dulu Plus-Minus Paylater
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi digital melahirkan banyak ragam inovasi dan cara baru dalam bertransaksi. Jika dulu dikenal kartu kredit, saat ini ada layanan paylater yang konsepnya mirip yaitu ‘beli sekarang bayar nanti’.

Merujuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) , paylater adalah layanan untuk memberikan dana untuk sebuah transaksi, kemudian dibayarkan di kemudian hari. Mengutip Cermati, layanan paylater menggunakan teknologi pinjaman uang terbaru dengan konsep online/digital lewat aplikasi yang bisa diunduh pada smartphone.

Mengusung konsep beli sekarang bayar nanti, kemudahan menggunakan paylater sebagai alternatif lain untuk berbelanja pun membuatnya semakin digandrungi oleh banyak orang terutama untuk kegiatan belanja online.

Hadirnya paylater sejak beberapa waktu lalu menjadi akses mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Hal ini akan memungkinkan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dengan baik, meskipun di saat tidak memiliki uang.

Namun, hampir sama dengan kartu kredit, paylater juga akan membuat penggunanya berutang. Jika tidak dikelola dengan baik, memanfaatkan fasilitas paylater ini bisa saja membuat Anda terjerat dalam kubangan utang.

Artinya, sangat penting untuk memahami dan menggunakan paylater dengan cara yang tepat, agar fasilitas ini bisa memberikan manfaat positif dalam keuangan. Berikut ini 3 kelebihan dan kekurangan paylater:

Kelebihan Paylater
Jika digunakan dengan bijak, pada dasarnya paylater bisa saja memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Pastikan Anda memahami dengan baik berbagai keuntungan ini, agar penggunaan paylater tersebut selalu bisa memberikan manfaat yang lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa kelebihan penggunaan fasilitas paylater yang bisa dinikmati:

1. Mudah dan praktis
Hampir sama dengan fasilitas pembayaran online pada umumnya, penggunaan layanan paylater memang membuat berbagai transaksi belanja menjadi jauh lebih mudah. Transaksi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, selama tersambung dengan layanan internet.

Hal ini juga akan sekaligus membuat semua transaksi berjalan jauh lebih praktis. Anda tidak lagi perlu membuang waktu untuk sekedar mampir di mesin ATM dan melakukan transfer secara manual, apalagi harus mampir ke bank.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1453 seconds (10.177#12.26)