BSI Masuk 14 Bank Syariah Terbesar di Dunia, Nilai Kapitalisasi Tembus Rp54,4 T

Selasa, 20 September 2022 - 15:59 WIB
loading...
BSI Masuk 14 Bank Syariah Terbesar di Dunia, Nilai Kapitalisasi Tembus Rp54,4 T
Direktur Utama BSI, Hery Gunardi memastikan, pada 2025 mendatang BSI akan masuk dalam daftar 10 perbankan syariah terbesar di dunia. Langkah itu ditempuh dengan memperkuat posisi di pasar perbankan global. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Nilai kapitalisasi pasar (market capitalization) PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencapai USD3,69 miliar atau setara Rp54,4 triliun. Jumlah ini membawa BSI masuk dalam 14 perbankan syariah terbesar di dunia.

Baca Juga: 5 Bank Syariah Terbesar di Dunia, Ada yang dari Negara Tetangga

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama BSI, Hery Gunardi saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Kementerian BUMN dan Komisi VI DPR RI.

"Berdasarkan market capitalization perusahaan atau bank syariah di dunia, sekarang dipimpin oleh Al Rajhi Bank dari Arab Saudi, kemudian Kuwait Finance itu nomor dua. Jadi BSI kalau dihitung berada di nomor 14 di dunia berdasarkan market capitalization," ungkap Hery, Selasa (20/9/2022).

Hery memastikan, pada 2025 mendatang BSI akan masuk dalam daftar 10 perbankan syariah terbesar di dunia. Langkah itu ditempuh dengan memperkuat posisi di pasar perbankan global.

Saat ini bank hasil merger empat bank syariah BUMN itu sudah mengantongi izin operasional di Dubai, Uni Emirat Arab. Di mana, BSI membuka Representative Office di negara tersebut. Hery menyebut pihaknya akan kembali mengajukan izin kepada otoritas Dubai untuk memperluas operasionalnya.

"Kami juga tidak hanya beroperasi di Indonesia, tapi kami juga sudah mendapat izin membuka kantor cabang di Dubai. Dan saat ini statusnya masih Representative Office, kami akan mengajukan izin agar mendapatkan full," kata dia.

Baca Juga: Ironi Bank Syariah di Negara Muslim Terbesar Dunia

Saat ini total aset yang dibukukan Bank Syariah Indonesia hingga Juni 2022 mencapai Rp 277 triliun. Sementara ekuitas perusahaan pada periode tersebut menyentuh angka Rp 26 triliun. Dengan jumlah aset tersebut, maka BSI masuk sebagai bank syariah terbesar di Indonesia.

"Kalau di lokal, di Indonesia posisi BSI dibanding dengan top 10 bank di Indonesia, berdasarkan aset BSI nomor 7. Ini posisi bulan Juni 2022 Rp 277 triliun asetnya. Kemudian pangsa pasar BSI dibandingkan dengan bank syariah di Indonesia, semua perbankan syariah digabungkan, BSI menguasai pangsa pasar sekitar 60 persen," kata Hery.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1357 seconds (11.97#12.26)