Lawan Corona, Gorry Holding Tingkatkan Produksi Alat Kesehatan

Selasa, 14 April 2020 - 06:58 WIB
loading...
Lawan Corona, Gorry Holding Tingkatkan Produksi Alat Kesehatan
Merebaknya wabah corona membuat sejumlah perkantoran memasang bilik sterilisasi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Wabah akibat virus Covid-19 yang telah menyita perhatian dunia khususnya di Indonesia, telah mendorong semua pelaku usaha untuk turut berkontribusi memberikan solusi nyata untuk mengurangi penyebaran wabah tersebut.

Berbagai kolaborasi dilakukan oleh perusahaan-perusahaan rintisan digital lokal (startup) agar penularan pandemik ini bisa mendekati titik nol.

Gorry Holdings, perusahaan health-tech pengembang aplikasi GorryWell dan penyedia katering sehat secara daring Gorry Gourmet, bersinergi dengan Persegi, perusahaan penyedia design & built serta platform peer to peer lending (P2P) Gradana memproduksi dan memberikan pengadaan alat kesehatan.

Salah satunya untuk sterilizer room, sebuah bilik sterilisasi yang digunakan untuk mencegah mikroorganisme berbahaya yang terbawa masuk ke dalam ruangan melalui pakaian, tas, dan barang bawaan.

Menurut CEO Gorry Holdings Herry Budiman, kotak anti kuman dan virus tersebut bisa ditempatkan di gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan bahkan kompleks perumahan.

“Ada banyak cara untuk menghindari Covid-19. Selain mengukur suhu tubuh, juga bisa menggunakan sterilizer room. Upaya-upaya seperti ini dilakukan untuk mensterilisasikan pakaian yang akan dikenakan pengunjung hingga barang yang dibawa, seperti tas, yang akan masuk ke area publik, baik di masa karantina wilayah maupun pasca karantina,” ujar Herry di Jakarta, Senin (13/4/2020).

Herry menambahkan bahwa dalam kerja sama ini, Gorry Holdings menyediakan cairan pembersih yang komposisinya menggunakan senyawa kimia tidak berbahaya dan ekstrak minyak tumbuhan. Bahan tersebut juga mengandung pH modifier dan aman untuk lingkungan, bahkan memiliki efek minimum terhadap kulit manusia.

Sebagai mitra resmi Kementerian Kesehatan sejak 2018, Herry menambahkan, Gorry Holdings berhati-hati dalam memilih senyawa untuk sterilizer room tersebut.

“Cairan ini merupakan hasil teknologi dari perusahaan NewGenn Research Ltd. Pada penggunaannya cairan ini tentu harus dihindarkan dari kontak dengan mata, hidung, dan mulut," paparnya.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa Indonesia perlu melihat dan mengadopsi sebagian cara Vietnam dalam penanggulangan Corona. Di Vietnam, kata dia, angka penyebaran sangat rendah dan per akhir Maret 2020 tidak ada yang dilaporkan meninggal karena Covid 19 di sana. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah menempatkan bilik sterilisasi di area publik.

"Namun seperti kita ketahui, yang terpenting adalah cairan yang digunakan dan bukan biliknya sendiri. Menggunakan cairan yang aman bagi manusia dan memang ditujukan untuk tujuan sterilisasi dari kuman dan virus adalah kuncinya," tuturnya.

Upaya tersebut juga didukung oleh Gradana, yang merupakan perusahaan fintech P2P yang fokus dalam pembiayaan properti. CEO Gradana Angela Oetama mengatakan, di tengah pandemi banyak orang masih tetap harus bekerja atau keluar untuk kebutuhan seperti berbelanja makanan di supermarket atau ke bank.

"Bilik anti virus ini kami lihat sebagai bagian dari properti yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang mengharuskan karyawannya datang ke kantor, atau mereka yang bekerja di area-area publik serta yang jenis usahanya melibatkan kunjungan dari para konsumennya," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)